Ticker

6/recent/ticker-posts

Sambut HUT KE-76 RI, Masyarakat Indonesia Gowes Seberangi Jembatan Golden Gate San Francisco

TANAMONEWS - SAN FRANCISCO | Dalam rangka sambut HUT Ke-76 RI, masyarakat Indonesia di Amerika Serikat (AS) bersama-sama menyeberangi jembatan ikonik Golden Gate di kota San Francisco pada tanggal 24 Juli 2021. 

Sebanyak seratus peserta dari beberapa kota besar di AS, seperti Houston, Los Angeles dan kota-kota di sekitar San Francisco, seperti Richmond, Palo Alto, West Covina, terlihat antusias dalam kegiatan gowes bersama yang diselenggarakan oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia di San Francisco. 

Dengan semangat “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" yang merupakan tema HUT ke-76 RI, para peserta dapat memilih rute 17 Agustus, yakni bersepeda dengan jarak 17 mil (23 km) atau rute Maju Tak Gentar yakni bersepeda dengan 34 mil (50 km) dengan penuh semangat menyusuri kota San Francisco, Sausalito dan Tiburon yang menanjak dan penuh tantangan. 

Peserta rute 17 Agustus menyeberangi jembatan Golden Gate hingga kota Mill Valey dan kembali dengan ferry Sausalito menuju San Francisco. Sementara peserta rute Maju Tak Gentar menempuh jarak 34 mil dengan medan jalur sepeda yang melintasi perbukitan naik dan turun dengan hembusan angin kencang disepanjang teluk.

Kegiatan yang diselenggarakan bekerja sama dengan komunitas Gowes Indo-SF dan Gowes Indo-AS, Gowes Merdeka merupakan acara olah raga besar sepeda pertama di AS yang diselenggarakan untuk masyarakat Indonesia dalam rangka memperingati hari kemerdekaan RI. Kegiatan ini dibuka bersama oleh Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I. Soekarno dan Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Saud P Krisnawan.

Melalui kegiatan ini, masyarakat dan diaspora di Indonesia diajak untuk selalu tangguh dan mendukung Indonesia untuk selalu tumbuh. Khususnya di tengah pandemi saat ini yang penuh tantangan, diharapkan masyarakat Indonesia di manapun berada dapat terus bersatu untuk memperkuat bangsa, tangguh, dan dapat mendukung pembangunan Indonesia.

Konsul Jenderal RI di San Francisco, Simon D.I Soekarno menyampaikan apresiasi antusiasme dan semangat komunitas gowes Indonesia di AS, yang mencerminkan kekompakan masyarakat Indonesia di AS. Selain untuk menyambut HUT ke-76 RI, acara ini juga dilakukan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan di antara masyarakat Indonesia. 

Konjen RI Simon D.I. Soekarno mengajak masyarakat dan diaspora Indonesia untuk bersama-sama melakukan kegiatan yang dapat mempromosikan Indonesia di Amerika Serikat. Selain itu, sebagai bentuk kepedulian terhadap situasi di Indonesia, peserta juga diajak untuk mengulurkan tangan membantu penanganan Covid-19 di Indonesia melalui kegiatan penggalangan dana oleh komunitas gowes yang diselenggarakan pada tanggal 25 Juli 2021. 

Selama kegiatan berlangsung, meski situasi COVID di Amerika Serikat sudah membaik, para peserta tetap diminta menerapkan protokol kesehatan, yakni mengenakan masker dan menjaga jarak. Sepanjang rute gowes, peserta juga berkesempatan untuk mengunjungi beberapa ikon wisata di kota San Francisco seperti Palace of Fine Arts dan tentunya jembatan Golden Gate. 

Para peserta menikmati indahnya panorama sepanjang teluk San Francisco hingga Tiburon, mulai dari pemandangan alam hingga laut biru bagian barat pasifik. Kegiatan sepeda santai ini juga digelar untuk menjaga semangat dan persatuan masyarakat Indonesia di AS.

“Ini pengalaman pertama saya menelusuri jembatan Golden Gate dengan sepeda, saya ingin ucapkan terima kasih kepada panitia KJRI San Francisco, this is one of my bucket list. Sekaligus saya ucapkan Dirgahayu Indonesia yang ke 76," ungkap Bimo Hadiputro WNI dari Houston, Texas.

“Saya senang sekali dapat mengikuti acara ini, rute sepeda sangat menantang dimana banyak sekali tanjakan namun perjalanan kita nikmati karena pemandangan kota yang indah dan tidak dapat ditemukan di Los Angeles," ujar Fadhly Ahmad WNI dari Los Angeles.

Kegiatan ditutup oleh Konjen RI San Francisco, Simon D.I Soekarno dengan pemberian piagam dan penganugerahan medali kepada peserta dan acara ramah tamah. (Indra).

Sumber: KJRI San Francisco

Posting Komentar

0 Komentar

"PITUAH PITARUAH DARI YUS DATUAK PARPATIAH, ADAT ISTIADAT MINANGKABAU"



Welcome to Thank's