PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

10 Fakultas dan 82 Prodi di UNP Siap Menampung Mahasiswa Baru Tahun Ajaran 2023-2024

Tanamonews, Padang Universitas Negeri Padang (UNP) gelar jumpa pers tentang seleksi penerimaan mahasiswa baru, tahun ajaran 2023/2024. Sesuai dengan ketentuan Menteri Pendidikan secara nasional penerimaan mahasiswa baru, yakni melalui jalur prestasi sekitar 20%, Tes 40% dan Mandiri 30%.

Terkait seleksi penerimaan mahasiswa baru di Universitas Negeri Padang (UNP). Wakil rektor 1 Refnaldi menyampaikan 3 tahapan dalam penerimaan mahasiswa baru, tahap pertama berbasis prestasi, kemudian tahapan kedua berbasis tes dan yang ketiga adalah melalui jalur mandiri. 

Hal ini disampaikan Wakil Rektor 1 Refnaldi didampingi Kepala Humas Oki Trinand Kepala Biro Dian Rahmawati, MM, dan sekretaris memberikan keterangan terkait jumlah dan kriteria dalam penerimaan mahasiswa baru tersebut di Ruang Sidang Senat UNP Lantai 4, Sabtu (25/02).

Lebih lanjut dikatakan, untuk jadwal penerimaan seleksi mahasiswa jalur SNBP atau jalur rapor saat ini sudah berjalan sampai tanggal 28 Februari dan pengumuman hasil SNBP akan diumumkan pada tanggal 28 Maret 2023 pada pukul 15:00 Wib. dan nantinya bagi yang lulus dalam penentuan UKT ditentukan berdasarkan pekerjaan atau perekonomian orang tua.

Dan juga UNP akan menerima Jalur Beasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Keuntungan UTBK Di Universitas Negeri Padang, transportasi lancar (Pusat Kota, Pusat Perbelanjaan), dilengkapi 2000 Komputer dan ruangan full AC. Jaringan Internet Kuat (UNP mempunyai bandwidth internet terbesar di  Sumatera) ditandai dengan gratisnya Internet untuk mahasiswa,  Dosen, Pegawai UNP yang terkoneksi ke wifi.id, ia  menambahkan.

Dikatakan Refnaldi Peserta UTBK 2022 di UNP pada Tahun 2022 yang lalu sebanyak 22.000 peserta. Untuk penerimaan tahun ajaran 2023/2024 UNP akan menerima sebanyak 10250 siswa untuk masuk ke UNP Padang tahun ajaran 2023/2024, yakni di jenjang pendidikan S1, D-IV dan D-III. Saat ini UNP juga sudah membuka teknik biologi, ilmu komunikasi dan lainnya, katanya.

Kemudian Refnaldi menambahkan ada 2 prodi baru yang belum ikut Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) tahun 2023 ini yaitu Prodi Kedokteran dan Keperawatan, karena masih dalam proses pengembangan.

Universitas Negeri Padang Memiliki 10 Fakultas dan 2 Sekolah, yahni :

  • Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)
  • Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)
  • Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA)
  • Fakultas Ilmu Sosial (FIS)
  • Fakultas Teknik (FT)
  • Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK)
  • Fakultas Ekonomi (FE)
  • Fakultas Pariwisata & Perhotelan (FPP)
  • Fakultas Psikologi & Kesehatan (FPK)
  • Fakultas Kedokteran (FK)

  1. Sekolah Pascasarjana
  2. Sekolah Vokasi

Dengan 80 puluhan lebih program studi, Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Program Sarjana (S1,D4) Pendaftaran pada Website http://spmb.unp.ac.id/mandiri Setelah Jalur Penerimaan SNBT dan Program Diploma (D3) Pendaftaran pada Website http://spmb.unp.ac.id/d3 Setelah Jalur Penerimaan SNBT, katanya.

Untuk SNBP tambah WR I Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt, dilaksanakan 14-28 Februari 2023 dan diumumkan 28 Maret 2023. Untuk jalur SNBT, akan dilaksanakan dalam dua gelombang, yakni 8-14 Mei 2023 dan 22-28 Mei 2023.

"Materi tes terdiri dari tiga bagian, yakni tes potensi akademik skolastik, tes literasi dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris dan tes penalaran matematika," terangnya.

Refnaldi juga menyampaikan, untuk tahun ini UNP membuka 8 program studi (prodi) baru. Kedelapan prodi itu, yakni Teknik Geologi (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Ilmu Hukum (S1), Ilmu Pariwisata (S1), Pendidikan Dokter (S1), Profesi Kedokteran, Pendidikan Non Formal (S2) dan Pendidikan Khusus (S2).

UNP, katanya, juga membuka kelas khusus internasional berbahasa Inggris yang tersebar di 28 prodi, dimana dalam prodi ini diwajibkan berbahasa inggris dalam proses perkuliahannya. Mahasiswa nya juga berasal dari berbagai negara seperti dari negara Kamboja, Malaysia dan negara-negara Asia. Kelas ini merupakan salah satu langkah UNP menuju world class university (WCU).

Kepala Humas UNP, Oki Trinanda menambahkan bahwa semua prodi di UNP sudah banyak terakreditasi Internasional yaitu akreditasi A, ”Akreditasi Internasional itu berasal dari Jerman yakni ASIIN  lalu dari Asean University  Network, UN-QA dan AQAS. 

Ia juga menyebut semua mahasiswa berpeluang dan diprioritaskan ikut program International Students Mobility Award (ISMA) yang mana tahun ini ada yang berangkat ke negara Cheko, Malaysia, Amerika dan Selandia Baru. (ia)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza