• Breaking News

    Armada Baru, Wako Sebut Dinas Damkar Harus Tingkatkan Sosialisasi


    Padang(SUMBAR),TN - Musibah kebakaran masih menjadi momok di Kota Padang. Umumnya akibat kelalaian dan buruknya instalasi listrik.

    "Dinas Kebakaran harus lebih banyak melakukan sosialisasi guna meningkatkan kesadaran warga dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran," kata Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah saat menyerahkan armada baru berupa satu unit mobil pemadam kebakaran di kantor dinas itu, Rabu (21/6/2017).

    Walikota mengingatkan, Dinas Pemadam Kebakaran agar lebih intensif melakukan sosialisasi ke kantor-kantor instansi pemerintah dan gedung-gedung swasta serta hotel. Sekaligus dilakukan pemeriksaan terkait ketersediaan racun api guna melakukan tindakan pertama bila terjadi kebakaran.

    "Dinas Damkar harus memastikan ketersediaan peralatan seperti racun api serta penerapan manajemen penanganan musibah kebakaran di gedung-gedung instansi pemerintah dan swasta," ulas Mahyeldi.

    Penambahan armada damkar secara bertahap, menurut Mahyeldi, suatu keharusan seiring perkembangan kota. Saat ini terdapat bangunan-bangunan yang tinggi dan kawasan-kawasan yang padat penduduk dengan akses jalan yang sempit sehingga menyulitkan armada damkar untuk masuk.

    "Saat ini terdapat gedung-gedung tinggi dan kawasan padat yang sulit dijangkau karena akses jalan yang sempit," ujarnya.

    Menurut wako, ke depan perlu penataan kota yang mengikuti standar internasional sehingga standar penanganan pemadam kebakaran juga lebih mudah. Sedangkan penataan kota yang ada selama ini memiliki kelemahan karena tidak mengikuti standar internasional dan kurang mengantisipasi perkembangan ke depan.

    "Kelemahan itu ke depan harus diperbaiki. Selain memudahkan akses untuk mobil pemadam jika terjadi kebakaran juga mengurangi kemacetan," imbuh Mahyeldi.

    Sementara itu Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Padang Dedi Henidal menyebut, mobil damkar yang baru untuk melengkapi sekaligus memperbarui armada yang lama.

    Ke depan, menurut Dedi Henidal, pengadaan mobil pemadam yang bisa dioperasikan untuk pemadaman kebakaran di hedung bertingkat yang semakin banyak tumbuh.

    "Kita tengah memikirkan pengadaan mobil pemadam dengan tangga yang dapat menjangkau bangunan tinggi," sebutnya.

    Disamping itu, pihaknya terus meningkatkan kemampuan personil demgan pelatihan-pelatihan.

    "Peningkatan kemampuan personil juga terus ditingkatkan," tutupnya.
    #IA-001/DU/Yurizal

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi