Ticker

6/recent/ticker-posts

Ingin Tau Sifat Suku Sikumbang (Minang), Lihatlah Sejarahnya


Tanamonews.com | Suku Sikumbang adalah salah satu suku di Minangkabau yang banyak berkembang di antara suku-suku Minangkabau. Suku Sikumbang termasuk juga suku yg belum mengenal tulisan dan bahasanya pun masih asli

Asal-usul Suku Sikumbang

Diduga nama Sikumbang berasal dari kata Si Kumbang. Si Kumbang sendiri bermaksud Harimau Kumbang (Harimau berwarna hitam). Kemungkinan dulunya orang-orang suku Sikumbang ini keturunan Tamil India yang kulitnya hitam dan memiliki keahlian bela diri berupa silat harimau yang terkenal.

Selain itu, ada beberapa kata yang terkait dengan asal usul nama suku Sikumbang yaitu kata kumbang. Kumbang bisa berarti sejenis serangga, atau sebuah nama untuk macan tutul (harimau). Sikumbang sangat terkenal di zaman dulu di ranah Minangkabau. Bahkan Sutan Balun yang kemudian bergelar Datuk Perpatih Nan Sebatang diceritakan oleh Gus tf Sakai.

Di nagari tertua dalam wilayah Minangkabau, yakni di nagari Pariangan, suku ini merupakan suku yang berperan sebagai hulubalang nagari, karena dalam suku Sikumbang ini, kaum laki-laki berjumlah banyak dan sangat ahli dalam beladiri.

Karakter orang bermarga Sikumbang itu adalah cenderung baik, Laki-lakinya ganteng banget, Cewek-cewek marga Sikumbang pun cantik, ramah dan tidak cerewet. dan Suku Sikumbang terkenal memiliki kehalian seni bela diri seperti Silek Harimau Campo, Silek Kuciang Siam, Silek Kambiang Hitam, Silek Anjiang Mualim dan Silek Usali. (1n-Sikumbang)

Posting Komentar

0 Komentar

"PROMOSIKAN KEGIATAN DAN USAHA ANDA DISINI"



Welcome to Thank's