Keberadaan Transmart Langgar RTRW Ujar Azirwan - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Keberadaan Transmart Langgar RTRW Ujar Azirwan



    Padang(SUMBAR),TN-Sebagai anggota Pansus I DPRD Kota Padang Azirwan menegaskan, keberadaan Transmart di kawasan jalan Khatib Sulaiman Kota Padang, Sumatera Barat sudah melanggar Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Padang.

    "Polemik masalah Transmart sudah dijelaskan Dinas PUPr, bahwa perubahan kawasan tersebut  baru akan direncanakan dan jelas keberadaan Transmart sudah melanggar RTRW. Saya meminta agar semua izin terkait Transmart agar dilengkapi dan diserahkan kepada DPRD," tegasnya ketika kunjungan lapangan Pansus I ke Transmart, Jum'at, 22 September 2017.

    Sementara itu, Ilham Maulana, anggota Pansus I lainnya mengapresiasi masukan pihak PUPr Kota Padang. Menurutnya ada 5 kardus pengaduan terkait persoalan Transmart akibat lemahnya pengawasan. 

    "Kami dari DPRD membuka kesempatan pada manajemen Transmart untuk menjelaskannya. Ada indikasi  permainan Satpol PP dan Dishub di sini," ungkapnya.

    Ia pun mempertanyakan soal pengurusan izin prinzip yang dibuat oleh Bappeda dan ditandatangani oleh Walikota.

    "Apakah ada atau tidak persetujuan masyarakat," tanyanya. 

    Ilham mengaku juga mendengar ada isu tentang akan ditampungnya semua keinginan masyarakat sekitar. Juga adanya back up aparat soal parkir. 

    "Dewan hanya ingin mengantisipasinya karena lahan Transmart berada pada kawasan pusat perkantoran," pungkasnya. 

    "Ketika pihak Transmart memotong pohon pelindung,  apakah ada surat dari Transmart dan sisa kayu itu ditaruh di mana. Seperti penebangan pohon pelindung di Jalan Dobi, terlihat sisa pohon itu dijual pada orang lain dan diolah menjadi meja. Sementara biaya penanaman dan pemeliharaan pohon sangat tinggi," tegasnya lagi.

    Emnu Azamri, Ketua Pansus I DPRD Kota Padang melihat pengaduan masyarakat sebagai hukum kausalitas (sebab akibat, red). Untuk itu, karena banyaknya pengaduan masyarakat, ia menyarankan Transmart membuat surat kepada DPRD dan menjelaskan semua persoalan tersebur secara detail.

    GM Transmart, Aris mengatakan, seluruh pertanyaan dari anggota DPRD Kota Padang yang melakukan kunjungan lapangan ke Transmart akan dikoordinasikan dengan pimpinan pusat. Ia berjanji dalam waktu dekat akan mengkonfirmasikan atas jawaban dari semua pertanyaan tersebut.



    #IA-01/by/susi


    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi