Header Ads

ad728
  • Breaking News

    Sawah Di Jepang Beda Dengan Sawah Di Indonesia


    TANAMO NEWS | Teknologi pertanian Jepang – Salah satu yang merupakan kunci sukses negara jepang dalam menyediakan produk berkualitas khususnya dalam bidang makanan berkualitas dengan kuantitas yang memadai adalah teknologi pertanian jepang.

    Kondisi tanah di negara tersebut tidak sebagus yang dimiliki  Indonesia dan luas lahan pertanian yang mereka miliki hanya 25% dari seluruh wilayahnya, tentu negara jepang memiliki resep khusus kenapa pertaniannya bisa menghasilkan bahan pangan yang berkualitas.
    Teknologi yang mereka miliki dalam bidang ini sangatlah lengkap mulai dari proses penanaman sampai proses panen. Itulah kunci untuk negara ini bisa menghasilkan produk berkualitas dengan kuantitas yang banyak.

    Tak hanya itu kekompakan dalam membangun sinergi antara Perudahaan Swasta, Pemerintah dan Universitas (peneliti) sangatlah bagus dan mereka juga ikut andil besar dalam kesuksesannya. 


    Contoh Teknologi Pertanian Jepang

    Hal-hal dibawah ini merupakan beberapa contoh teknologi pertanian Jepang yang canggih dan mungkin bisa kita wujudkan untuk kemakmuran negara kesatuan republik Indonesia :
    1. Pembibitan Padi

    Awal dari kenapa hasil bumi yang mereka miliki bisa berkualitas adalah Rekayasa Genetika bibit. Teknologi ini memang sudah dilakukan namun satu-satunya negara yang sangat memaksimalkan rekayasa genetik ini adalah jepang.

    2. Penanam Padi

    Jika di negara Indonesia mayoritas petaninya masih manual, Negara Jepang sudah memakai sudah memakai mesin. Bisa anda lihat pada gambar Betapa mudah, cepat lagi rapih ketika proses menanam padi berlangsung. Sebenarnya indonesia sudah memiliki mesin yang serupa, namun alat tersebut belum banyak dipakai para petani ditanah air ini.

    3. Pemeliharaan Padi

    Penyemprotan vitamin untuk tumbuhan, dan perawatan lainnya dinegara jepang hanya memerlukan waktu sekitar 20-35 menit. hal ini bisa terjadi karena mesin yang digunakan sangatlah praktis dan mudah.

    Di Jepang, proses perawatan ini hanya dilakukan oleh satu orang dengan alat sederhana tersebut. Dari gambar diatas sudah membuktikan bahwa teknologi pertanian di negara Jepang memang sangat bagus.


    4. Pemanen Padi

    India punya indo farm combine harvester, Indonesia punya indo combine Harvester, dan semua alat tersebut membutuhkan setidaknya 3 orang untuk mengoperasikannya dalam proses memanen.
    Teknologi pertanian Jepang punya alat yang bisa dioperasikan satu orang, cara pakai yang lebih sederhana namun hasil yang lebih banyak dan cocok dengan pertanian di sana
    Penyebab Pertanian di Jepang Sangat Maju

    Kemajuan tersebut dipengaruhi teknologi pertanian jepang yang sangat canggih. namun ada beberapa faktor penunjang yang menyebabkan negara tersebut sangatlah maju :

    a. Sinergi Universitas, Swasta, dan Pemerintah

    Seperti yang sudah disinggung diatas, dinegara jepang jik Pihak universitas ada yang ingin membuat penelitian terbaru mengenai pertanian. Maka pemerintah dan prusahaan swasta akan otomatis meyiapkan dana dan fantastis untu kepentingan tersebut.

    Tak hanya itu pemerintah membeli hasil tani dengan harga yang tinggi. Tak sampai disitu pemerintah juga membantu untuk mendistribusikannya. Perusahaan swasta yang ingin membeli langsung hasil tani petani disana juga berani membeli dengan harga tinggi.

    b. Trik Sederhana

    Sebenarnya langkah keberhasilan teknologi bukanlah faktor utama yang mempengaruhi kualitas kesegaran buah atau padi. Misalnya saja, untuk mempertahankan kesegaran buah-buahan para petani di sana hanya menggunakan air es yang dingin untuk mencuci buah-buahan yang baru dipanen.


    Langkah dan trik sederhana inilah yang akan membuat buah-buahan tersebut terlihat tetap segar seperti baru saja dipetik dari pohonnya. Kesegaran tersebut dapat bertahan sampai dua hari.
     
    c. Etos kerja yang bagus

    Karyawan para petani di negara jepang bekerja mulai dari jam 2 pagi. Mereka yang bekerja sebagai pegawai resmi di dinas tenaga kerja, akan mendapat tunjangan berupa kesehatan dan dipotong pajak.

    #ia.1*


    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi