Header Ads

ad728
  • Breaking News

    SMK-SMAK Padang Bekali Siswa Dengan Sertifikasi Internasional


    Tanamonews | Padang - Sekolah Menengah Kejuruan – Sekolah Menengah Analis Kimia (SMK- SMAK) Padang membekali siswa kelas XIII (tahun terakhir) dengan sertifikasi internasional. Hal ini akan memungkinkan lulusannya dapat diterima pada perusahaan-perusahaan besar manapun di dunia.

    Untuk itu, SMK di bawah Kementerian Perindustrian ini mendatangkan assesor dari  Hobart Technology atau Hobart Institute Technology Tasmania, Australia melakukan assesmen guna mendapatkan sertifikasi level III atau "sertificat III in laboratory skill".

    “SMAK Padang bekerjasama dengan lembaga luar negeri yang mumpuni untuk memantau kurikulum serta kualitas pengujian di laboratorium yaitu Hobart Technology Australia ,” kata Kepala SMK-SMAK Padang, Drs. Nasir didampingi assesor dari Hobart Technology Australia, Mr. Ruppert Batcock di ruang kerjanya, Senin (16/4/2018).

    Nasir mengatakan, kerjasama dengan Hobart Technology Australia sudah memasuki tahun kelima. Lembaga dari negara kangguru itu dipercaya meng-asses calon  lulusan untuk kompetensi analis kimia.

    “Dengan assesment ini, lulusan kami mendapat pengakuan  internasional sehingga saat lulus nanti sudah mengantongi  sertifikat internasional,” ungkap Nasir.

    Menurut Nasir, SMAK Padang berkomitmen untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) industri yang mandiri, kompeten  dan kompettif secara nasional dan internasional.
    “Ini komitmen dan tugas kami menyiapkan SDM yang mumpuni,” tukuknya.

    Sementara itu, assesor dari Hobart Technology Australia, Mr. Ruppert Batcock mengatakan, SMAK Padang salah satu dari sedikit sekolah di Indonesia yang mencetak lulusan berkompetensi internasional. Berdasarkan kerjasama yang dijalin, pihaknya bertanggungjawab memantau kegiatan sertifikasi dan pengujian di laboratorium yang dilaksanakan calon lulusannya.

    "Kami memantau kegiatan pengujian laboratorium yang dilaksanakan siswa dan bertanggung jawab terhadap sertifikasi internasional yang nantinya mereka kantongi," kata Ruppert.

    Ketua pelaksana Sertifikasi III Internasional SMAK Padang, Fitriyeni, M.Si menyebutkan, sebanyak 85 siswa kelas XIII atau kelas IV mengikuti sertifikasi internasional ini. Dilaksanakan selama lima hari, mulai Senin (16/4) sampai dengan Jumat (20/4) nanti.

    Setelah lulus nanti mereka diakui berkompetensi dengan kemampuan level III. Dengan kompetensi tersebut, dipastikan mereka siap memasuki dunia industri untuk bekerja di bidang pengujian.

    “Siswa kita sudah level III mengantongi sertificat III in laboratory skill. Dipastikan mereka siap bekerja di bidang pengujian untuk industri mana saja di dunia,” ujarnya.

    SMAK Padang Semakin Harum

    SMAK Padang seringkali mengharumkan nama Kota Padang di pentas nasional. SMK yabg beralamat di Jalan Alai Pauh V No. 13 Kapalo Koto itu merupakan sekolah terbaik dengan beragam prestasi.

    Kemudian SMK SMAK Padang selalu dikunjungi berbagai institusi, baik dalam negeri maupun luar negeri, diantaranya Menteri Perindustrian RI, Sekolah Menengah Teknik Analis Kimia, Kuala Lumpur, Malaysia, pihak Australia yaitu MoU dengan Hobart Institute Technologi Tasmania Australia.

    SMK SMAK Padang Akreditasi A yang bermotto "Disiplin, Jujur, Ikhlas, dan bertanggung Jawab", menyediakan Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang telah dipercayai dan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Badan Nasioanal Sertifikasi Profesi (BNSP) di Sumbar.

    Selain itu, calon lulusan SMAK Padang selalu menjadi incaran perusahaan besar nasional dan internasional. Perusahaan "bonafide" itu melakukan rekruitment langsung ke sekolah. Bahkan ada beberapa siswa kelas XII yang melaksanakan magang pada masa praktek kerja industri (prakerin) langsung diminta bekerja di perusahaan tempat mereka magang.

    "Dua orang siswa kami yang magang di Sytron Pte. Ltd. Singapore dan Citra Borneo Indah Kalimantan, tahun ini langsung diminta bekerja di perusahaan itu," kata Nasir.

    Hal itu diamini kedua siswa, yaitu Teddy dan Hanesty yang juga mengikuti sertifikasi level tiga saat ini.

    "Saya diminta bekerja di Sytron Pte. Ltd. tempat saya magang karena melihat kompetensi yang dimiliki," kata Hanesty.

    #ia.1*rel

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Terima kasih telah berkunjung.. tertanda, Pimred: Indra Afriadi