Ticker

6/recent/ticker-posts

Kementan Siapkan BLU Pembiayaan

JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (Ditjen PSP) saat ini sedang menyiapkan Badan Layanan Umum (BLU) Pembiayaan untuk Pertanian.


Tanamonews.com | Menurut Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Dadih Permana mengatakan BLU yang akan membiayai usaha tani rakyat tersebut diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) No.23/2005 tentang Keuangan Negara. 

"Yang mana BLU merupakan lembaga yang tidak berorientasi profit. Sehingga, lewat BLU pemerintah berperan mendorong modernisasi sektor pertanian, terutama dengan penyediaan alat dan mesin pertanian," kata Dadih Permana dalam siaran persnya yang diterima Sabtu (18/1/2019).

Menurut dia, salah satu tujuannya adalah, agar para petani dapat mengajukan kredit terutama yang berkaitan dengan pembelian alat-alat produksi. 

"Karena faktanya selama ini, perbankan jarang bersedia memberikan kredit alat pertanian dan mesin. Rata-rata diberikan banyak untuk budidaya,” ujar dia.

Dadih menilai, penggunaan alat dan mesin pertanian mutlak dibutuhkan sektor pertanian saat ini. Hal itu, guna mendongkrak produktivitas dan efisiensi yang masih rendah jika corak produksi tetap tradisional.

Dia menambahkan,pembahasan teknis pembentukan BLU Pertanian sudah dilakukan intensif dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Pihaknya berharap BLU pembiayaan tersebut sudah berdiri tahun ini.

“Terlebih lagi, pada tahun ini kajiannya sudah selesai. Rencananya untuk pembiayaan BLU Pembiayaan Pertanian, pemerintah menyediaan anggaran sebanyak Rp 250 miliar, untuk pertahunnya," pungkas dia.



Penulis : Hartono

Tag & Hyperlink : Kementan, Ditjen PSP, BLU Pembiayaan Pertanian

Posting Komentar

0 Komentar



Tanamo News TV Channel




Welcome to Tanamo News.com