Ticker

6/recent/ticker-posts

Wow.. Sri Mulyani kandidat Presiden Bank Dunia

Sri Mulyani Indrawati kandidat 'sempurna' untuk jadi Presiden Bank Dunia.

Jakarta -  Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim telah menyatakan untuk mengundurkan diri dan terhitung efektif per bulan Februari 2019. Beberapa nama telah disebut sebut sebagai kandidat, dan salah satunya adalah  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Sri Mulyani Indrawati Menteri Keuangan RI

Tanamonews.com | Bank Dunia (World Bank) sejak didirikan pada akhir Perang Dunia Kedua selalu dipimpin oleh orang Amerika, sedangkan Dana Moneter Internasional (IMF - International Monetary Fund) yang merupakan lembaga kerjasama dengan Bank Dunia selalu dipimpin oleh orang Eropa. Hal ini sebagai bagian dari perjanjian tidak tertulis diantara kedua lembaga  ekonomi ini.

Kim dipilih oleh presiden AS Barack Obama pada 2012 untuk memimpin Bank Dunia, namun kemudian mengumumkan pengunduran dirinya pada kepemimpinan Presiden Donald Trump, tiga tahun sebelum masa jabatannya berakhir. 

Mark Sobel, seorang mantan direktur eksekutif AS  dan IMF, berkomentar bahwa sudah waktunya bagi negara-negara berkembang untuk menantang konvensi yang telah berlangsung puluhan tahun itu, dengan mengatakan “perubahan lanskap ekonomi global membuat konvensi tersebut menjadi usang”. Seperti yang dilansir dari The Jakarta Post.

Komentarnya disampaikan pada Forum Lembaga Moneter dan Keuangan Resmi (OMFIF) - sebuah lembaga pemikir independen. Sobel mengatakan sudah waktunya bagi orang non-Amerika untuk memimpin bank dunia, dan ia merekomendasikan Sri Mulyani serta mantan Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo -Iweala, dimana keduanya pernah menjadi direktur pelaksana di Bank Dunia, untuk memegang pucuk pimpinan di lembaga pemberi pinjaman internasional tersebut.

Sobel menambahkan bahwa “keahlian luar biasa” Sri Mulyani di Bank Dunia serta reputasinya di seluruh dunia menjadikannya kandidat yang ideal untuk memimpin Bank Dunia.

Sementara Ekonom dari Universitas Gadjah Mada A. Tony Prasetiantono mengatakan akan "fantastis" jika Bank Dunia dan IMF dipimpin oleh perempuan.

Christine Lagarde yang berasal dari Prancis adalah pemegang pucuk pimpinan IMF saat ini.

Dia mengatakan Sri Mulyani memiliki atribut yang tepat untuk menggantikan Kim. "Dia adalah salah satu direktur (mantan pengelola) Bank Dunia, seorang Menteri Keuangan yang baik dan berasal dari negara berkembang, yang memungkinkan dia untuk memahami masalah-masalah pembangunan di negara-negara berkembang," kata Tony.

Disisi lain, peluang Sri Mulyani Indrawati memimpin lembaga multilateral yang bergengsi seperti Bank Dunia menjadi dilema bagi perekonomian Indonesia, mengingat pencapaiannya yang luar biasa dalam menjaga anggaran negara tahun 2018.

Ari Kuncoro ekonom dari Universitas Indonesia mengatakan penunjukan Sri Mulyani akan membantu Bank Dunia tetap relevan dalam situasi ekonomi saat ini. Sri Mulyani akan menjadi kandidat yang sempurna.

"Bank Dunia perlu memiliki pemimpin dengan latar belakang akademis yang memiliki pemahaman tentang perbankan, sistem keuangan serta ekonomi pembangunan," kata Ari.

Juru bicara Kementerian Keuangan Nufransa Wira Sakti mengatakan meskipun ada pembicaraan tentang bosnya yang disebut-sebut sebagai kandidat presiden Bank Dunia, namun Sri Mulyani Indrawati berkomitmen untuk mengelola urusan keuangan Indonesia, sebagaimana diamanatkan oleh posisinya saat ini di pemerintahan.

Hal tersebut senada dengan pernyataan Menteri Koordinator Kelautan Luhut  Binsar Pandjaitan yang menyatakan keraguannya bahwa orang non-Amerika akan memimpin Bank Dunia. "Saya tidak yakin dia bisa diangkat sebagai presiden, karena bank telah dipimpin oleh warga AS sejak didirikan," kata Luhut. 

Bagaimanapun keputusan terakhir ada ditangan Presiden AS Donald Trump, yang bahkan memunculkan anaknya, Ivanka Trump sebagai salah satu kandidat.

Penulis : Kristanto
#Aliansi Jurnalistik Online Indonesia
Tag & Hyperlink : Jim Yong Kim, Bank Dunia, IMF, World Bank, Sri Mulyani Indrawati, Luhut Binsar Panjaitan, Donald Trump.

Posting Komentar

0 Komentar

Silahkan klik


TV Channel




Welcome to Tanamo News.com