Ticker

6/recent/ticker-posts

Teknologi Digital Dimanfaatkan Warga, Indeks SPBE Padang Melonjak Drastis

Tanamonews | Padang – Di era saat ini, terutama di masa pandemi Covid-19, mengharuskan warga untuk menggunakan teknologi digital. Mau tidak mau, pemerintah harus memutar cara agar pelayanan kepada masyarakat tetap optimal.

Praktis, sejak pandemi tahun 2020 lalu, Pemerintah Kota Padang melayani masyarakat dengan baik. Pelayanan berbasis digital dilakukan dan diterima masyarakat secara optimal.

“Alhamdulillah, berkat pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatkan teknologi digital, indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Kota Padang naik dari sebelumnya,” ujar Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kota Padang Rudy Rinaldy, Minggu (31/1/2021).

Indeks SPBE merupakan salah satu indikator sejauh mana suatu daerah memanfaatkan teknologi digital dalam menjalankan roda pemerintahan. 

Pemanfaatan teknologi digital tersebut bertujuan untuk memudahkan segala bentuk urusan, terutama bagi warga.

“Indeks SPBE Kota Padang terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Dan di tahun 2020 mampu mencapai lompatan sebesar 0,18 poin, sehingga indeks kita menjadi 2,96 poin,” jelasnya.

Indeks SPBE Kota Padang di tahun 2019 berada di angka 2,78. Kemudian di tahun 2020 berada di angka 2,96. Angka ini jauh di atas rata-rata nasional yang hanya 2,26. 

"Untuk rata-rata kota se-indonesia, kita juga jauh berada di atas.  Rata-rata kota se-Indonesia hanya 2,43 poin," ungkap Rudy. 

Sejak beberapa waktu belakangan, transformasi digital sudah dilaksanakan di Kota Padang. Terutama di rentang waktu dua tahun belakangan ini. Cukup banyak aplikasi yang dibangun untuk mendukung tugas pemerintahan.  

Salah satu aplikasi yang menyentuh masyarakat yakni ‘e-kelurahan’. Aplikasi ini digunakan untuk melayani urusan masyarakat.

“Aplikasi e-kelurahan memuat lebih dari 16 jenis layanan dasar masyarakat yang dapat diakses secara elektronik,” terang Rudy Rinaldy.

Naiknya indeks SPBE Kota Padang menandakan transformasi digital di Kota Padang berjalan dengan baik. Pelayanan berbasis digital kepada masyarakat mendapat respon positif. Kadis Kominfo Kota Padang bertekad angka indeksi SPBE di tahun mendatang terus menanjak.

“Target kita di tahun 2021 ini menembus angka 3,” ungkapnya.(Ind-Hms).

Posting Komentar

0 Komentar

"Iklan KPU Kota Bukit Tinggi" .com/media/





Welcome to Thank's