Ticker

6/recent/ticker-posts

Bank Nagari dimasa Pandemi, Patuhi Prokes dan Terus Tingkatkan Layanan Dengan Teknologi

Bank Nagari Terus Meningkatkan Pelayanan di Masa Pandemi Covid-19, Mulai Dari Patuhi Protokol Kesehatan Sampai Pemanfaatan Teknologi

Tanamonews | Solok - Bertransaksi sekarang sudah tidak lagi sulit. Pemanfaatan kemajuan teknologi sangat terasa apalagi di masa pandemi ini. Begitu yang dinyatakan Risa (25), karyawan swasta kepada Tanamonews, Kamis (18/03).

Risa mengakui bahwa sejak penyebaran virus Covid-19, segala kegiatan menjadi serba terbatasi. Salah satunya adalah bertransaksi untuk pembayaran, belanja, bahkan sekedar berinfaq. Sebab segala kegiatan yang dilaksanakan haruslah sesuai dengan protokol kesehatan.

Namun tidak bisa dipungkiri bahwasanya transaksi tatap muka juga masih dibutuhkan. Namun rasa aman dan nyaman terhadap Covid-19 yang membuat dirinya khawatir. Sebab Risa mengakui memiliki orangtua yang sudah lansia dan rentan terinfeksi virus Corona.

Dengan metode pembayaran non tunai, masyarakat dapat meminimalkan kontak langsung saat bertransaksi. Hal ini, dapat membantu upaya penekanan penyebaran Covid-19, sesuai himbauan pemerintah.

Pasalnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sendiri pernah memperingatkan bahwa uang kertas mungkin dapat menyebarkan virus corona. 

Sesuai dengan kebutuhan nasabahnya, "Bank Nagari meningkatkan pelayanan disaat pandemi ini, baik tatap muka di kantor Bank, unit Bank bergerak, Lapau Nagari, Mesin ATM setor dan tarik tunai, serta pelayanan digital Banking".

Program digital banking berupa Mobile Banking, Internet Banking, aplikasi NCM, penarikan uang tunai di ATM tanpa kartu, QRIS dan layanan lainnya.

Pelayanan Tatap Muka di Kantor Bank Nagari Cabang Solok

Pimpinan Bank Nagari cabang Solok, Yunasrul, S.E.,M.M., melalui Pimpinan Seksi Pemasaran Bank Nagari cabang Solok, Wisra Hendri menyatakan pelayanan tatap muka tetap dilaksanakan selama pandemi dengan mematuhi protokol kesehatan di kantor Bank Nagari cabang Solok yang berada pada Jalan KH. Ahmad Dahlan No. 165 Solok.

Banyak fasilitas tambahan disaat masa pandemi ini, yaitu washtafel untuk mencuci tangan di depan pintu kantor Bank Nagari. 

“Nasabah dan pengunjung diwajibkan menggunakan masker pelindung jika ingin masuk ke dalam kantor Bank.”, ujar Wisra kepada Tanamonews, Rabu 18 Maret 2021.

Setelah dipastikan masker terpakai dengan baik, security akan mengecek suhu tubuh nasabah dan pengunjung dengan thermo gun dan tetap tersedia handsanitizer.

Selanjutnya antara nasabah dengan karyawan teller dan Costumer Service diberikan sekat pembatas agar tidak berkontak langsung.

Sebagai tindakan dalam menjaga jarak, diberikan tanda di kursi agar nasabah dan pengunjung tidak berdekatan saat duduk menunggu antrian. Lalu adanya pembatasan jumlah pengunjung di dalam ruangan sehingga tidak terjadi penumpukan.

Untuk mensterilkan ruangan, petugas kebersihan  menyemprotkan cairan disinfektan untuk mencegah adanya virus yang menempel pada permukaan benda yang ada di dalam maupun luar kantor Bank Nagari Solok.

Untuk nasabah lansia, bisa diwakilkan oleh walinya dengan surat kuasa yang ditandatangani dengan materai. Lalu dengan menunjukan bukti berupa foto nasabah tersebut, maka wali dapat mewakilkan untuk penarikan tunai atau transaksi lainnya. Hal ini berguna bagi nasabah lansia yang sangat rentan terpapar virus Corona.

Karyawan juga sudah melakukan tes Swab, serta karyawan yang sakit dan terindikasi virus Corona, diminta untuk isolasi mandiri. Hal ini untuk memastikan karyawan aman dari virus Corona.

Layanan Bank Bergerak Bank Nagari

Nasabah kini tidak perlu khawatir akan adanya pembatasan di kantor Bank Nagari disaat masa pandemi ini, sebab sekarang sudah ada layanan keliling untuk melakukan transaksi.

“Layanan yang sudah berjalan di kantor cabang Solok selama ini, adalah OTO Banking Kantor Cabang Solok, Kas Mobil Unit Kantor Cabang Solok dan Sepeda Motor Unit Kantor Cabang Solok.”, ungkap Wisra.

Dalam mendukung kebijakan pemerintah di masa pandemi, pelayanan yang diberikan Bank bergerak Nagari tetap dijalankan sesuai protokol Covid-19. 

Seperti pengunaan masker yang wajib bagi pengunjung dan mengawali dengan cuci tangan di tempat yang telah disediakan menjadi suatu keharusan sebelum terjadinya transaksi antara pengunjung dengan petugas Bank bergerak.

Selain itu di OTO Banking Bank Nagari juga menyediakan mesin ATM, sehingga lebih mempermudah warga sekitar untuk melakukan proses transaksi dengan cepat.

“Layanan Bank bergerak ini sangat berguna bagi nasabah di daerah terpencil yang jauh dari kantor Bank Nagari.”, tambah Wisra.

Lapau Nagari

Bank Nagari kini hadir dengan layanan Lapau Nagari singkatan dari Laku Pandai untuk Nagari yang merupakan layanan jasa perbankan dan jasa keuangan lainnya tanpa kantor.

Lapau Nagari bisa melayani berbagai macam transaksi seperti buka tabungan baru, setor tunai, tarik tunai, transfer antar rekening dan antar bank, bayar listrik, PDAM, PBB, dan berbagai layanan lainnya.

“Sasaran dari program ini, adalah perorangan yang bertempat tinggal di lokasi yang jauh dari kantor Bank dan belum mengenal Bank. Sehingga masyarakat tidak perlu pergi jauh dari rumah untuk bertransaksi.”, kata Wisra.

Aplikasi NCM Bank Nagari

Aplikasi Nagari Cash Management (NCM) juga sangat memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi. NCM terdiri dari perorangan dan non perorangan.

Yang membedakan antara NCM perorangan dan non perorangan adalah apabila perorangan penggunaannya untuk keperluan pribadi, dan penanggung jawabnya pun juga pribadi.

Sedangkan untuk non perorangan atau corporate disediakan bermacam-macam fasilitas, artinya di dalam itu ada sistem yang bisa digunakan untuk pembayaran gaji karyawan. Sehingga tidak perlu datang ke Bank untuk proses transaksi penggajian.

Kemudian di dalam NCM corporate ada sistem keamanan berupa user atau disebut sebagai bos kemudian ada juga bendaharanya. Selain itu setiap bertransaksi akan diberikan kode OTP sehingga tidak dapat disalah gunakan dengan pihak yang tidak bertanggung jawab.

Fitur-fitur yang tersedia di NCM ada banyak yakni rekening koran, transfer, pembayaran uang sekolah, pembayaran billing seperti pembayaran PLN, PDAM, BPJS, token dll.

“Dari aplikasi NCM bisa melihat semua transaksi dari awal membuka rekening, sedangkan di mobile banking hanya bisa melihat 10 transaksi terakhir.”, ujar Wisra.

Tarik Tunai Tanpa Kartu

Kemudahan lain yang bisa didapatkan oleh nasabah Bank Nagari adalah Nagari Tunai. Nagari Tunai adalah layanan tarik tunai tanpa kartu ATM. Hanya dengan menggunakan mobile banking, nasabah sudah bisa menarik uang tunai di mesin ATM Bank Nagari. 

Dengan proses mobile banking, nasabah akan mendapatkan kode reservasi. Selanjutnya di mesin ATM akan ada menu Nagari Tunai.

“Cukup dengan memasukkan nomor HP yang terdaftar serta nomor reservasi, maka uang tunai pun sudah bisa diambil. Sehingga tidak perlu membawa kartu lagi.”, imbuh Wisra.

QRIS Nagari Mobile Banking

Salah satu program unggulan yang sedang naik peminatnya adalah QRIS Nagari Mobile Banking. QRIS Adalah Standar Nasional QR Code yang ditetapkan Bank Indonesia untuk memfasilitasi transaksi pembayaran di Indonesia.

Sejak pertama kali nenggunakan QRIS Nagari Mobile Banking, Risa mengaku tidak pernah lagi membawa uang tunai dan kartu ATM.

Selain di tempat perbelanjaan dan pelayanan masyarakat seperti Puskesmas, penempatan QRIS Nagari juga berada di Masjid Agung Al-Muhsinin yang terletak menghadap Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong, Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Dengan QRIS ini, jamaah dapat berinfaq untuk Masjid, anak yatim, MDA, beserta Dhuafa sesuai dengan QR masing-masing.

“Kemarin saya menyebarkan QR Infaq untuk sanak saudara yang berada di perantauan. Sehingga jarak tidak bisa menjadi penghalang.”, ujar Risa saat ditemui Tanamonews di Masjid Agung Al-Muhsinin Solok.

Risa juga mengungkapkan mengenai manfaat QRIS dalam proses belanja. Salah satunya berada pada minimarket dan beberapa warung makan yang ada di sekitar Solok.

“Saya merasa terbantu sekali dengan kegunaan QRIS ini, karena saya harus bergerak cepat dalam setiap kegiatan.”, tambah Risa.

Adapun keunggulan menggunakan QRIS adalah satu QR dapat discan oleh semua aplikasi seperti Nagari Mobile Banking, OVO, Dana, Gopay, atau Merchant lainnya.

“Dari setiap layanan Bank Nagari yang sudah ditingkatkan di masa pandemi ini, Bank Nagari tetap mengharapkan masyarakat khususnya nasabah Bank Nagari tetap merasa aman dan nyaman dalam setiap kemudahan pelayanannya.”, ungkap Wisra kepada Tanamonews. (HR).

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's