PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Program "SEMATA" Wako Padang Hendri Septa Bantu Bedah Rumah Warga Tak Layak Huni

PADANG, TANAMONEWS - SUMBAR | Semalam di Palanta (SEMATA), demikian sebuah inovasi yang dilahirkan dari seorang Wali Kota Padang Hendri Septa, dalam upaya melakukan program bedah rumah tak layak huni bagi warga kurang mampu di kota yang ia pimpin. 

Siapa sangka, keluarga yang dibantu pun terlihat seperti mendapat rahmat dari Allah SWT. Hal itu terlihat saat orang nomor satu di Kota Padang tersebut menjalankan program SEMATA perdana dengan mengunjungi keluarga Eri Mairoza (42) di daerah Kelok Tui RT 02 RW 03, Kelurahan Kuranji, Kecamatan Kuranji, Sabtu sore (17/4/2021).

"Program Semalam di Palanta ini merupakan program yang kita lakukan selama Ramadan untuk berbagi kepedulian bersama kaum dhuafa atau keluarga miskin yang ada di Kota Padang. Alhamdulillah program ini kita mulai perdana hari ini, selama Ramadan 1442 H/2021 M sebanyak 8 (delapan) keluarga akan kita kunjungi," ungkap Wako Padang tersebut kepada wartawan di sela penjemputan.

Melalui program ini, sebut Hendri, selain membangun kepedulian sosial, juga menjadikan keluarga dari kalangan kurang mampu tersebut sebagai tamu kehormatan Wali Kota Padang.

Mereka dijemput Wali Kota dan rombongan dari rumahnya, lalu dibawa ke rumah dinas (Palanta) Wali Kota untuk berbuka puasa bersama Wali Kota dan keluarga, hingga bermalam di sana. Selama di Palanta mereka disediakan sarana untuk beribadah bersama dan melakukan aktivitas lainnya, hingga sahur bareng dengan pemimpin kota Padang. Begitu esoknya rumahnya akan ditinjau untuk dibedah, diperkirakan pembangunannya selesai sebelum Lebaran nanti.

"Alhamdulillah, kita dari jajaran Pemerintah Kota Padang ingin melakukan sesuatu yang luar biasa pada Ramadan tahun ini dengan memberikan kebahagiaan bagi keluarga-keluarga yang kurang mampu di kota Padang. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad SAW kaum dhuafa atau orang miskin adalah orang-orang yang sangat dicintai Rasulullah SAW," paparnya.

"Jika kita tak peduli, tidak berempati dan tidak memuliakan saudara-saudara kita tersebut, maka kita harus malu mengaku cinta Rasulullah. Karena mencintai orang miskin termasuk salah satu dalam wasiat Nabi Muhammad SAW kepada sahabatnya Abu Dzar Al Ghifari," ulas wako.

Lebih lanjut Pemimpin muda dan energik itu juga mengaku, sesungguhnya  dengan mengajak rakyatnya bermalam di rumah dinasnya sendiri sekaligus membantu membedah rumahnya adalah perbuatan mulia. Menurutnya, rumah dinas yang ia diami beserta keluarga saat ini sesungguhnya adalah rumah rakyat, bukan miliknya pribadi.

"Hal ini kita lakukan sebagai wujud rasa syukur, penghormatan pada rakyat, walau belum semuanya bisa diberi perhatian khusus. Setidaknya, melalui program SEMATA ini kita berharap bisa mengetuk banyak pintu hati lainnya untuk bisa saling peduli pada kaum dhuafa atau kurang mampu di kota ini," ungkap Hendri Septa yang resmi menjabat Wali Kota Padang per 7 April 2021 lalu itu.

Pada Ramadan 1442 H ini, terang wali kota lagi, pihaknya hanya bisa melakukan Program SEMATA kepada 8 keluarga. Setiap keluarga akan mendapat bantuan bedah/renovasi rumah serta santunan atau bingkisan. 

"Kita berharap, semoga kebaikan ini menular ke banyak kalangan sehingga ikut mendukung dan bahkan melakukan kegiatan yang sama. Semoga niat baik dan upaya ini berjalan dengan baik dan lancar," harapnya mengakhiri.

Sementara itu, Eri Mairoza saat dijemput Wali Kota Hendri Septa dan jajaran di rumahnya mengaku sangat senang dan bersyukur. Ia pun tak mampu mengungkapkan kata-kata selain bersyukur kepada Allah SWT. 

"Alhamdulillah, terima kasih pak Wali dan bapak ibu semua," tuturnya dengan mata berbinar. 

Ketika ditanyai seputar kondisi dan aktivitasnya sehari-hari, ibu tiga orang anak itu menyebut ia hanya bekerja sehari-hari sebagai pembantu rumah tangga. Meski memiliki seorang suami Imran (46) seorang buruh serabutan dan kadang bertani untuk menyambung kebutuhan hidup sehari-hari, namun ia mengaku pendapatannya masih jauh dari kata cukup.

"Kami sekeluarga sangat bersyukur telah dibantu dan rumah kami juga akan dibedah menjadi lebih baik dan layak huni. Karena memang, saat ini rumah kami hanya berdindingkan papan dan atapnya pun bolong-bolong. Ketika hujan airnya pun masuk ke dalam rumah," tutur Eri. 

"Semoga bantuan ini semua menjadi amal saleh bagi pak Wali dan jajarannya," imbuh Eri dengan nada haru didampingi suami dan tiga orang anaknya.

Turut hadir mendampingi Wali Kota Padang antara lain Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Edi Hasymi, Asisten Administrasi Umum Didi Aryadi, Kepala Dinas Sosial Afriadi dan Kepala BPKAD Budi Payan. 

Selanjutnya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Habibul Fuadi, Kepala DLH Mairizon dan Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan beserta tim. Juga terlihat Sekretaris Camat Kuranji Harnoldi, Lurah Kuranji Kasma Efendi dan para tokoh masyarakat.(*)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza