PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Pemkab Tanah Datar Menyedikan 500 Ekor AUTSK Atas Relokasi Kementerian Pertanian RI

TANAMONEWS - TANAHDATAR, SUMBAR | Kepala Dinas Pertanian Tanahdatar didampingi Kabid Peternakan dan kesehatan hewan, kasi bina usaha dan pengelolahan hasil ternak menyampaikan Pemkab Tanah Datar  memperoleh asuransi usaha ternak sapi dan kerbau di tahun 2021 sebanyak 500 ekor.  pada Senin, 09 Agustus 2021 saat ditemui di Ruang Kerja nya.

“Dari 500 kuota yang diperoleh Tanah Datar tahun 2021 ini, realisasi sampai bulan Juli AUTSK baru 121 ekor, sehingga saat ini masih ada 379 ekor lagi yang bisa diasuransikan,” terang Yulfiardi.

Ditambahkannya lagi, sebenarnya premi asuransi yang harus dibayar untuk 1 ekor ternak sebesar Rp200 ribu, namun dengan adanya subsidi premi 80% dari  pemerintah pusat atau sebesar Rp160 ribu maka masyarakat hanya perlu membayar Rp40 ribu/ekor ternaknya.

“Nilai premi untuk ternak diambil 2% dari harga pertanggungan ternak yaitu Rp10 juta/ekor, maka harga premi yang dibayarkan adalah Rp200 ribu, premi yang Rp200 ribu ini 80% atau Rp160 disubsidi oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian, sedangkan yang 20% lagi atau Rp40 ribu sisanya ditanggung oleh masyarakat sebagai bentuk tanggungjawab keikutsertaan mereka dalam asuransi ternak tersebut,” terang Yulfiardi.

Untuk tahun 2022, tambah Yulfiardi, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar akan anggarkan subsidi premi yang 20% atau Rp40 ribu per ekor tersebut untuk 2.000 ekor ternak sehingga peternak dapat mengikuti Asuransi Ternak Sapi/Kerbau tersebut secara gratis tanpa harus memikirkan pembayaran preminya lagi.

“Kita sudah usulkan anggaran subsidi premi untuk 2.000 sapi/kerbau, jumlah ini bisa saja berubah, tergantung kuota yang diberikan Kementerian Pertanian RI untuk Tanah Datar, sehingga diharapkan tahun depan masyarakat kita bisa gratis dalam program AUTSK ini. ” ujar Yulfiardi.

Sementara itu untuk Asuransi Usaha Tanaman Padi (AUTP), tambah Yulfiardi, Tanah Datar tahun 2021 memperoleh kuota sebanyak 1.000 hektar.

"Khusus AUTP di Tanah Datar sampai kondisi bulan Juni sudah terealisasi sebanyak 260 hektar, dan kemungkinan sisa kuota yang telah diberikan tidak bisa direalisasikan berhubung Kementerian Pertanian RI telah menghentikan sementera anggaran untuk kegiatan ini karena pandemi Covid-19 sehingga kegiatan AUTP dihentikan sementara, dan kita berharap 2022 mendatang dilaksanakan kembali," tukasnya.

Peningkatan kuota asuransi ternak dan asuransi tani serta pupuk bersubsidi, sampai Yulfiardi termasuk 10 program unggulan pemerintah daerah di bawah kepemimpinan Bupati Eka Putra dan Wakil Bupati Richi Aprian, selain itu untuk bidang pertanian ada program mengefisienkan biaya produksi pertanian melalui bantuan pembajakan sawah dan perbaikan irigasi.

Sementara itu Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Varia Warvis menyampaikan, selagi kuota masih ada tahun ini, masyarakat yang ingin peroleh asuransi AUTSK cukup syarat KTP dan bersedia ternaknya diberi nomor eartag (tanda nomor telinga) dengan menghubungi petugas lapangan di masing-masing kecamatan.

"Adapun kuota yang telah terisi AUTSK tahun 2021 adalah Kecamatan Tanjung Baru 37 ekor, Salimpaung 29 ekor, Padang Ganting 10 Ekor, Tanjung Emas 23 Ekor, Rambatan 12 Ekor, Pariangan 6 ekor dan totalnya 121 ekor. Sedangkan tahun 2020 kemarin semua kecamatan totalnya 556 ekor ternak sapi atau kerbau," terangnya.

Sedangkan klaim asuransi yang telah dibayarkan tahun 2021, tambah Varia Marwis, sebanyak 7 ekor ternak sapi atau kerbau. "Klaim untuk ternak yang mati akan dibayarkan klaimnya sebesar Rp10 juta, ternak yang potong paksa sebesar Rp5juta dan hilang sebesar Rp7 juta," pungkasnya. (Adi)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza