PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Wabup Risnawanto Launching Badan Wakaf Darul Hikmah Pasbar

TANAMONEWS.COM, Pasbar - Wakil Bupati (Wabup) Pasaman Barat (Pasbar) Risnawanto melonching (meluncurkan) program Wakaf Darul Hikmah, Senin (6/9) di aula kantor bupati setempat.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua DPRD Pasbar Parizal Hafni, Kakan Kemenag Pasbar Muhammad Nuh, anggota DPRD Pasbar Supriono, Erianto dan stakeholder terkait lainnya.

Menurut Wakil Bupati Risnawanto, Program Wakaf sangat luar biasa manfaatnya bagi masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Menurutnya, Wakaf uang jika dikumpulkan secara berkelanjutan akan bermanfaat bagi masyarakat secara luas. 

"Berdasarkan paparan dari Kakan Kemenag tadi, wakaf uang di lingkungannya bisa terkumpul sebanyak Rp18 juta setahun. Jika di Pemda bisa melakukan itu, kita pikir akan terkumpul lebih banyak dan bisa dimanfaatkan dengan baik, karena wakaf, zakat dan sedekah itu jelas berbeda,"kata Risnawanto.

Jika diperlukan untuk penguatan tentang aturan, Lanjutnya, maka akan dibuatkan Peraturan Daerah nya. Apalagi dalam kesempatan itu juga hadir anggota DPRD. "Jika dibutuhkan juga akan diperkuat dengan Peraturan Bupati (Perbub),"ucapnya.

"Kami di Pemda Pasbar juga akan membuat program baru seperti Jumat berkah. Yang mana di hari Jumat akan ada kegiatan berinfaq atau jumat berbagi, dan hal serupa lainnya, yang bertujuan untuk mengumpulkan uang dan selanjutkan akan dibagikan kepada yang membutuhkan,"ujarnya.

Wabup Risnawanto meminta agar wakaf tersebut dibuatkan aplikasinya. Sehingga masyarakat yang ingin ikut berwakaf bisa melakukan transfer melalui aplikasi itu. Karena saat ini teknologi sudah semakin canggih.

Sementara itu, Ketua Badan Pelaksana Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Sumatera Barat Drs. Japeri, MM, mengatakan jika wakaf saat ini semakin dicintai oleh masyarakat Indonesia, semenjak Presiden RI beberapa waktu lalu meluncur kan program tersebut. 

"Kami berharap wakaf yang dikelola oleh Darul hikmah bisa bermanfaat oleh masyarakat secara umum. Apalag di masa pandemi Covid-19 ini, dimana ekonomi masyarakat semakin menurun. Banyak anak yang putus sekolah, dengan adanya wakaf ini bisa menyelamatkan itu,"katanya.

Ia menambahkan, di Pasbar mayoritas masyarakatnya memiliki kebun sawit. Akan lebih bagus lagi jika satu keluarga mewakafkan satu batang pohon sawit untuk diwakafkan . 

"Jika setiap rumah memiliki sawit, dan mewakafkan satu batang sawit. Maka di saat tertentu, insha Allah hasilnya akan luar biasa,"ujarny

Ketua Badan Wakaf Darul Hikmah Amri mengatakan, Potensi wakaf di Indonesia cukup besar, dan penduduknya paling banyak adalah muslim. "Bangsa Indonesia adalah bangsa yang pemurah dan suka bersedekah,"katanya.

Ia menjelaskan, Badan Wakaf Darul Hikmah memiliki beberapa jenis wakaf, yaitu Wakaf Produktif, Wakaf Tanah, Wakaf Masjid, Wakaf Rumah Qur'an, Wakaf Kelas dan Asrama, dan Wakaf Sumur Bor.

"Kita berharap wakaf ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat Pasbar secara umum,"ujarnya.(RSM)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza