PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Tradisi Bakaua Adaik Warisan Raja Alam Jambulipo di Apresiasi Gubernur Sumbar

Tanamonews.com - Gubernur Sumatera Barat, Buya Mahyeldi, Senin (8/8/2022) menghadiri acara "Bakaua Adat" di Medan nan Bapaneh, Jorong Jambulipo, Nagari Lubuak Tarok, Kecamatan Lubuak Tarok, Kabupaten Sijunjung. 

Perhelatan Bakaua Adaik dimaknai sebagai suatu tradisi ungkapan rasa syukur kepada Tuhan yang maha kuasa atas nikmat yang telah diberikan kepada alam Nagari Lubuak Tarok, khususnya Jorong Jambulipo. Kegiatan yang berlangsung dua hari ini juga sekaligus untuk mendoakan para leluhur Jambulipo.

Gubernur Mahyeldi mengapresiasi tradisi Bakaua Adaik yang tetap dijaga oleh masyarakat Jambulipo sampai saat ini. Menurut gubernur, tradisi ini sangat penting artinya dalam menjaga ukhuwah dan kekompakan sesama warga masyarakat.

"Bakaua Adaik ini perlu dijaga dan dilestarikan dalam rangka meningkatkan persatuan dan kesatuan masyarakat. Setiap pemuda menampilkan kepandaiannya berseni dan bersilat. Ibu-ibu juga bergotong royong memasak dan masyarakat makan bersama hari ini. Ini merupakan kearifan lokal yang akan menjaga ukhuwah sesama masyarakat dan akan menjadi modal kekuatan masyarakat," ungkap gubernur.

Panghulu Sati, selaku panitia Bakaua Adaik, dalam kesempatan yang sama meminta agar tradisi ini dapat dijadikan sebagai agenda tetap kebudayaan di Provinsi Sumatera Barat. Berbagai kesenian masyarakat serta kuliner khas ditampilkan dalam kegiatan ini. Diantaranya kesenian anak nagari Tari Tanduak, dan silek tuo Jambulipo.

Dalam kesempatan yang sama, masyarakat juga menyampaikan aspirasi kepada gubernur, terutama pembangunan irigasi yang sangat vital bagi pengairan sawah di Nagari Lubuak Tarok.(in)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza