PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Tekan Angka Stunting, Ade Rezki Pratama Buat WC Warga

Agam, Tanamo NewsAnggota Komisi IX DPR RI, Ade Rezki Pratama menyanggupi permintaan salah seorang masyarakat untuk dibuatkan Jamban (WC) di rumahnya. Sebab selama ini keluarga yang kurang mampu tersebut belum memiliki WC yang layak.

“Insyah Allah bulan Desember mendatang kita akan buatkan WC yang layak buat ibu sekeluarga,” kata Ade menjawab permintaan seorang  warga. Ketika mengelar sosialisasi Germas dalam penurunan angka Stunting dan Covid 19 di SDN 10 Aie Tabik, Nagari Kamang Mudiak, Kec. Kamang Magek Kab. Agam, Senin (28/12/2022).

Meskipun kesadaran masyarakat terhadap kesehatan dari waktu ke waktu telah membaik. Namun masih ada juga ditemukan keluarga yang belum memiliki WC layak.  Dalam kesempatan tersebut, Ade Rezki  menanyakan jika masih ada masyarakat yang belum memiliki WC dapat memberitahukannya.

Menurut Ade, keluarga yang tidak memiliki WC yang layak bisa jadi salah satu penyebab anak Stunting. Sebab Stunting adalah tidak tercapainya berat dan tinggi badan anak dibandingkan dengan anak seusianya yang diakibatkan kekurangan gizi dalam waktu yang panjang.

“Setiap Kepala daerah yang dapat menurunkan angka Stunting mendapat reward dari pemerintah pusat berupa dana alokasi umum maupun alokasi khusus melalui APBN,” tuturnya.

Sementara itu, Dirjen. Kesehatan Masyarakat Kemenkes RI yang diwakili Ketua tim hukum, Danti Kamalia Sari mengatakan Germas diharapkan mampu disebarluaskan secara masif kepada seluruh warga sebagai upaya memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat.

“Setidaknya terdapat tujuh langkah penting dalam rangka menjalankan Germas yang merupakan bagian penting dari pembiasaan pola hidup sehat dalam masyarakat guna mencegah berbagai masalah kesehatan yang beresiko dialami oleh masyarakat Indonesia,” kata dia.

Tujuh langkah Germas yang dimaksud adalah melakukan aktivitas fisik, konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, pemeriksaan kesehatan berkala dan hidup bersih.

Camat Kamang Magek, Ifradi menyebutkan, Kecamatan Kamang Magek termasuk lima besar dalam masalah Stunting di Kab. Agam. Oleh Sebab itu, ia meminta dukungan dari elemen masyarakat agar masalah Stunting ini dapat diturunkan. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza