PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Ade Rezki Pratama Sosialisasikan Manfaat BPJSTK hingga Pagadih

Agam, Tanamonews.com - Hampir 90% Warga di Nagari Pagadih Kecamatan Palupuah telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. 

Namun sebagian besar mereka belum mengantongi kartu BPJS Ketenagakerjaan, karena jauhnya akses dan minimnya informasi yang mereka peroleh terkait manfaat BP Jamsostek.

Untuk itu, anggota komisi IX DPR RI Ade Rezki Pratama mengajak masyarakat untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, karena apapun profesi dan pekerjaan memiliki resiko. Hal itu disampaikan Ade saat menghadiri sosialisasi program perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan di aula SDN 06 Pagadih, Minggu 3 September 2023.

Pada kesempatan itu, Legislator RI itu juga mendaftarkan 300 warga di Nagari Pagadih Kecamatan Palupuah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sekaligus membayarkan iuran selama tiga bulan kedepan. Hal itu dilakukan untuk memberi perlindungan kepada masyarakat dari resiko kerja.

Pada kesempatan itu, Ade Rezki menyampaikan manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, terdapat empat program utama yang dimiliki, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). Keempatnya memiliki segudang manfaat yang dibutuhkan para pekerja demi meningkatkan kesejahteraan.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Bukittinggi diwakili oleh kepala bidang keuangan Ekawati Lestari , memaparkan kepada masyarakat yang hadir terkait program BPJS Ketenagakerjaan.

BPJS ketenagakerjaan juga berperan untuk meningkat kesejahteraan masyarakat, peserta nantinya tidak menerima bentuk uang tapi fasilitas kesehatan saat kita mengalami resiko kerja, ungkapnya. BP jamsostek juga berperan memutus mata rantai kemiskinan dengan bantuan bpjs ketenagakerjaan.

BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi memiliki 8 wilayah kerja, meliputi Kabupaten Agam, Kota Bukittinggi, Kota payakumbuh, Kabupaten  50 kota, Kabupaten Pasaman , Pasaman Barat, Kota Padang Panjang dan Kabupaten Tanah Datar.

Bpjs ketenagakerjaan dimiliki oleh siapa saja yang memiliki pekerjaan untuk menafkahi hidup. Saat mengalami resiko pekerjaan maka akan dicover oleh BP Jamsostek.

Ketua DPRD Kab.Agam, Novi Irwan yang hadir pada kegiatan itu, memberikan apresiasi kepada Ade Rezki, karena tidak hanya memperhatikan Kabupaten Agam di bidang infrastruktur namun juga dibidang pertanian, kesehatan hingga ketenagakerjaan.

Ia menghimbau masyarakat untuk mendengarkan informasi yang disampaikan pada kegiatan sosialisasi ini, agar nantinya juga disampaikan ke keluarga lainnya.

Sosialisasi ini dinilai penting, karena tidak hanya mengedukasi masyarakat namun mempererat tali silarurahmi kita bersama, ungkapnya. Peserta sosialisasi juga mendapatkan pemahaman terkait BPJS Ketenagakerjaan dari fitri yeni, account representative khusus Ketenagakerjaan.

Dalam paparannya, Fitri menjelaskan bahwa proses pendaftaran menjadi peserta BP Jamsostek sangat mudah, bisa mendaftar melalui online, bisa datang ke kantor pos setempat, atau langsung datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bukittinggi. 

Salah satu manfaat dari keikutsertaan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, yaitu terkait bantuan santunan kematian dan beasiswa bagi anak sekolah TK, SD, SMP, SMA, Perguruan Tinggi S1. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza