PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Danrem 032 Wirabraja Tinjau Lokasi Banjir Lahar Dingin

Agam, Tanamonews.com - Komandan Resort Militer (Danrem) 032 Wirabraja, Brigjen TNI Rayen Obersyl didampingi Dandim 0304 Agam  Letkol Arm Bayu Ardhitya Nugroho, SH., M.Han, meninjau lokasi banjir lahar dingin gunung Marapi, Sabtu 6 April 2024. Danrem menyebutkan penyebab banjir lahar dingin gunung Marapi yang menerjang pemukiman warga di Nagari Bukit Batabuah pada Jum’at 5 April kemaren akibat tiang jembatan yang berada dialiran sungai menghambat aliran air. 

"Kalau kita lihat kontruksi jembatan diatas aliran sungai ini, ada dua tiang penyangga jembatan yang menghalangi arus air. Kayu dan pohon yang dibawa lahar dingin tertahan ditiang jembatan dan terjadi sumbatan. Akibatnya banjir lahar tersebut menerjang perumahan warga," kata Obersyl kepada wartawan. Ia meminta pemerintah daerah bisa memperbaiki kontruksi jempatan itu. Sehingga apa bila terjadi banjir lahar dingin lagi tidak meluber ke pemukiman warga.

Selain itu, jenderal bintang satu itu, mengapresiasi penangganan banjir lahar dingin yang dipimpin BPBD Kab. Agam, semua instansi bahu membahu membantu warga yang tertimpa bencana. "Saya lihat sinkronisasi dan koordinasi antar instansi berjalan dengan baik. Bencana ini sangat besar, Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," ujar Obersyl didampinggi Dandim dan Kasdim  0304 Agam serta pejabat terkait.

Ia yakin dengan 3 unit eksavator, pekerjaan normalisasi sungai ini akan berjalan dengan cepat. Sehingga besok jalan alternatif yang menghubungkan Payakumbuh - Padang sudah dapat dilalui pemudik. "Kami menghimbau kepada warga yang berada dibantaran sungai ini agar selalu waspada. Sebab, erupsi gunung Marapi kapan saja bisa terjadi sehingga membawa banjir lahar dingin. Jika dilihat hujan lebat di gunung Marapi lebih baik mengungsi ke tempat yang lebih aman," ungkapnya.

Pembersihan lokasi bencana dilakukan personel TNI, Polri, BPBD dan personel gabungan lainnya. Tidak hanya menggunakan alat berat untuk mengeluarkan material yang menghambat aliran sungai, tim juga membantu masyarakat membersihkan pemukiman mereka, tambah Dandim 0304 Agam  Letkol Arm Bayu Ardhitya Nugroho, SH., M.Han. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza