Kaum Dt Indo Marajo, Siap Menangkan Dan Coblos Yulianto - Syafrial Di Pilkada 9 Desember 2020 - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Kaum Dt Indo Marajo, Siap Menangkan Dan Coblos Yulianto - Syafrial Di Pilkada 9 Desember 2020

    Kinali - Mantan Walinagari Kinali, terbaik Sumbar, Syafrial alias Sutan maju sebagai Wakil Bupati Pasaman Barat ternyata cucu dari Dt Indo Marajo

    Tanamonews | Hal itu terungkap ketika Syafrial bersilaturahmi dengan masyarakat dan kaum  Dt Indomarajo yang dijabat oleh H Akhiruddin di Langgam

    "Kita bangga ada cucu dari Dt Indo Marajo dari garis keturunan laki laki maju sebagai Wakil Bupati. Cucu Syafrial harus didukung sepenuhnya oleh kaum Dt Indo Marajo dari Suku Jambak,"tegas H Akhiruddin Dt Indo Marajo disaat memberikan sepatah kata dalam kegiatan silaturahmi dengan Kaum Dt Indo Marajo di Jorong Langgam Sepakat, Kinali, Selasa (20/10).

    Dikatakan H Akhiruddin Dt Indo Marajo, seorang pemimpin di Minangkabau memiliki peran penting dalam melaksanakan tatanan konstitusi adat istiadat dan lainnya untuk tercapai kebahagian sanak kemanakan dan masyarakat yang di pimpinnya dalam suatu kaum.

    Dalam filosofi seorang pemimpin di Minangkabau “urang nan diamba gadang, nan dianjung tinggi, kusuik nan kamanyalasaian, karuah nan kamanjaniah, takalok nan kamanjagoan, lupo maingekan, panjang nan kamangarek, singke nan kama uleh.

    "Filosopi tersebut sudah pas disandang oleh Syafrial untuk menjadi Wakil Bupati Pasbar 5 tahun me dampingi Yulianto kedepannya,"sebutnya.

    Lebih jauh Dt Indo Marajo menjelaskan, keberadan sosok penguasa di Minang secara totalitas dahulunya dipegang oleh mamak atau penghulu/datuk selaku pucuak adat.

     "Namun diera sekarang kewenang mamak atau penghulu/datuk sudah diambil sebahagian besar oleh konstitusi negara yang alur kewenangan diberikan pada Gubernur/Wakil Gubernur, Bupati/Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Walikota,"urainya.

    Disamping itu, lanjut Akhiruddin, pemimpin di Minang Kabau  secara sosial budaya harus tahu dengan prinsip nan ampek. Orang yang harus memahami norma-norma adat istiadat yang berlaku ditengah masyarakat. 

    "Sehingga, sosok calon pemimpin harus paham betul dengan apa makna dan aplikasi kato malerang, kato manurun, kato mandaki, kato mandata, dan mandi di baruh-baruah, bakato di bawah-bawah, paliharo badan agar orang tidak binaso,"jelasnya.

    Dengan maju Syafrial sebagai Wakil Bupati yang berpasangan dengan Yulianto dengan nomor urut 4 sudah sesuaidenga filosopi pemimpin di ranah minang

    "Kayu gadang ditangah koto,ureknyo tampaik baselo,dahannyotampek bagantuang,daunnyo tampek balinduang,balinduang kapanehan tampek bataduah kahujanan,batangnyo tampek basanda,kapai tampek batanyo,kapulang tampek babarito,pusek jalo pimpinan ikan,hukum afil bakato bana"sebutnya.

    Calon Wakil Bupati Syafril mengucapkan banyak terima kasih kepada dunsanak Kaum Dt indo marajo dan masyarakat Jorong Langgam Sepakat,yang telah mendukung pasangan nomor urut empat ini maju sebagai pemimpin di bumi tuah basamo ini.

    "Namun begitu,saya meminta,kapado dunsana,ketek basabuik namo,gadang bagala,samo gadang kawan sapamainan,untuk memilih pasangan nomor urut 4 ini di TPS nantinya.Janngan Golput," katanya.

    Dalam acara silaturahmi tersebut juga dihadiri oleh jajaran Pengurus DPD Pastai Nasdem Pasbar, (RSM)

    Tidak ada komentar

    Selamat datang di Portal Berita www.tanamonews.com : Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner, Pendiri dan Direksi : Indra Afriadi dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza