Ticker

6/recent/ticker-posts

MusDa MUI Sumbar, Dinamika MusDa Ormas

 

Buya Gusrizal Gazahar [KETUM MUI SUMBAR]

Tanamonews | Pelaksanaan Musyawarah Daerah (MusDa) Majlis Ulama Indonesia (MUI) berjalan dengan kondusif dan lancar. Masyarakat Sumbar mungucapkan selamat kepada pengurus terpilih, terutama kepada Buya Gusrizal Gazahar Dt. Palimo Basa yang terpilih untuk kedua kalinya memimpin MUI.

Namun yang namanya pemilihan ketua organisasi dipastikan ada dinamikanya, akan ada tarik menarik kepentingan, semua orang akan bermain untuk bisa tampil dan menguasai saat musyarah (syuro) terjadi dan bisa paska Musda.

Ormas lain, selain MUI. Terkadang, jika pemilihan digelar ada yang akan kecewa, terkadang akan ada gerakan untuk menggembosi ketua terpilih atau pengurus terpilih sampai keluar Surat Keputusan (SK) kepengurusan dari pusat. 

Ormas lain diluar MUI, Kejadian ribut-ribut dipemilihan ketua sampai SK kepengurusan terpilih sering terjadi. Apalagi pengurus atau ketua terpilih tidak sealiran dengan pengurus pusat, tidak satu mashab dengan penguasa yang ada dipusat.

Tapi menurut penulis, sukses Musyawarah MusDa MUI Sumbar saat ini akan tetap kondosif sampai SK kepengurusan keluar dan sampai dilantik secara resmi. Doakan yang hadir dalam musyawarah tersebut menerima lapangan dada, menerima dengan iklas apa pun hasilnya.

Kita yakin semua yang hadir dalam musyawarah daerah tersebut menjunjung tinggi filosofi adat Minang yaitu "Basilang kayu ditungku, disitu nasi mako kamasak". Semua yang hadir akan komit menjunjung tinggi nilai-nilai kaidah syuro dalam Islam.

Walaupun Penulis tidak terlibat dalam MusDa MUI tersebut tapi selaku pengamat juga menyimak dinamika yang terjadi sebelum MusDa, saat MusDa dan selesai MusDa ini. Penulis memberikan apresiasi kepada yang hadir MusDa tersebut tetap komitmen dengan hasil musyawarah MUI tersebut.

MUI Sumbar termasuk, MUI yang selalu berbicara lantang terhadap kebijakan penguasa yang tidak benar atau bertentangan dengan syariah. Ada kekawatiran ada gerakan yang mencoba melemahkan hasil Musda MUI tersebut. Ini perasaan saja. Semoga salah.

Namun Penulis yakin bahwa hasil MusDa MUI Sumbar sekarang tidak akan berobah kedepannya lagi. Sedangkan MUI Pusat pun juga secepatnya mengeluarkan SK kepengurusan yang memberikan kekuatan untuk bisa bekerja untuk ummat.

Selamat dan sukses kepada pengurus dan ketua Buya Gusrizal Gazahar Dt. Palimo Basa  yang kembali diamanahkan menjalankan roda organisasi MUI Sumbar. [Oleh, Labai Korok Piaman].

Posting Komentar

0 Komentar

"Upaya Pemprov Sumbar Membangkitkan Ekonomi dimasa Pandemi Covid-19"



Welcome to Thank's