PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Sesditjen PKH Kementan: Ayam Kukuk Balenggek Agar Dijaga Genetiknya

Tanamonews, Padang - Sejumlah peserta kontes ‘Ayam Kukuk Balenggek’ terima hadiah saat penutupan Expo dan Kontes Perternakan Nasional di kawasan Lanud Sutan Sjahrir, Rabu (14/6/2023).

Dalam sambutannya, Sesditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian, Makmun menjelaskan, ayam kukuk balenggek merupakan ayam khas Sumatera Barat (Sumbar) yang harus dijaga dan dibanggakan.

“Masyarakat Sumbar harus bangga dengan adanya ayam kukuk balenggek ini. Bentuknya yaitu dengan menyelenggarakan lomba, agar pembudidaya menerima hasilnya,” ucap Makmum.

Dengan dikenalnya ayam kukuk balenggek dan sudah diekspor, Makmum berpesan untuk seluruh masyarakat dapat menjaga sumber daya genetik. “Yang diperlukan ialah suara. Saran kami, ekspor saja jantannya, agar pembeli membeli terus,” tambahnya.

Untuk betina, saran Makmum, jangan diperjual-belikan, agar ke depannya terus terus mengha
silkan keturunan. 
“Dengan begitu present stop pada ayam kukuk balenggek tidak akan terjadi. Seperti menjaga induk, keturunan pada hewan tersebut pastinya selalu menghasilkan,” tuturnya.***

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza