PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Tingkatkan Layanan, Mulai 13 Juni, BPJS Kesehatan Cabang Bukittinggi Siapkan Kelas Diskusi

Bukittinggi, Tanamonews.com - BPJS Kesehatan cabang Bukittinggi sosialisasikan program JKN kepada awak media, dalam kegiatan media Gathering yang dilaksanakan di salah satu cafe di Kota Bukittinggi, Selasa (13/6).

Dalam kegiatan itu, Randy Giovanny, sebagai kepala bagian Mutu Layanan Kepesertaan BPJS Kesehatan cabang Bukittinggi memaparkan Hak peserta program JKN KIS.

Masyarakat dapat memanfaatkan NIK sebagai identitas tunggal peserta JKN. Mendapatkan manfaat pelayanan kesehatan di fasilitas yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai ketentuan yang berlaku. Mendapatkan perlindungan data pribadi yang diserahkan kepada BPJS Kesehatan dalam rangka pendaftaran.

Dan menyampaikan pengaduan, saran dan aspirasi baik secara lisan maupun tertulis kepada BPJS Kesehatan. Randy menambahkan, Mulai 13 Juni 2023, BPJS Kesehatan menyediakan kelas diskusi, disana peserta dapat memperoleh informasi dari pihak BPJS yang memberikan edukasi langsung.

Ia juga memaparkan terkait, Kanal layanan administrasi kepesertaan, informasi dan pengaduan, yang dapat dilakukan melalui tatap muka dan tanpa tatap muka. Tatap muka dapat dilakukan melalui, kantor cabang atau perwakilan Kabupaten Kota. 

Mobile Customer service, Mall pelayanan publik dan BPJS Satu. Sedangkan tanpa tatap muka dapat dilakukan melalui telephone genggam.

5 Cara Cek Status BPJS Kesehatan Untuk membantu masyarakat dalam mengecek status keaktifan kepesertaan JKN-KIS.

Melalui aplikasi Mobile JKN

Sebelum mengecek status keaktifan kepesertaan JKN-KIS, peserta harus mengunduh aplikasi Mobile JKN terlebih dahulu melalui Google Play Store dan App Store dan mendaftarkan diri sebagai pengguna mobile.

Melalui layanan CHIKA (Chat Assistant JKN)

Layanan ini bisa diakses melalui beberapa aplikasi media sosial, seperti Facebook Messenger di Facebook/BPJSKesehatanRI/, aplikasi pesan Telegram di @Chika_BPJSKesehatan_bot, serta aplikasi WhatsApp di nomor 08118750400. 

Melalui layanan BPJS Kesehatan Care Center 165. Peserta dapat menghubungi nomor 165 untuk cek BPJS Kesehatan dengan NIK KTP. Layanan ini bisa diakses 24 jam setiap hari. 

Melalui BPJS SATU

Cara cek status BPJS Kesehatan lainnya adalah melalui petugas BPJS SATU di rumah sakit yang menjadi rujukan. 

Dan melalui Mobile Customer Service (MCS)

Mobile Customer Service (MCS) merupakan layanan yang ditujukan untuk peserta JKN-KIS dengan menggunakan mobil. Untuk mengecek aktif tidaknya BPJS Kesehatan, Anda cukup mendatangi MCS dengan menunjukkan KTP, KK, atau KIS. Biasanya, MCS hadir di kantor pemerintahan, kecamatan/kelurahan, desa, puskesmas, pusat kota, alun-alun, mal, pasar tradisional, sekolah, kampus, serta Kementerian/instansi/lembaga pemerintah/badan usaha

Kadiskominfo Kota Bukittinggi, Erwin Umar yang hadir pada kegiatan gathering itu menyampaikan, berdasarkan Universal Health Coverage (UHC) Kota Bukittinggi

Yang Diluncurkan pada tanggal 1 Februari 2023. Sebanyak 131.817 jiwa dari total penduduk Kota Bukittinggi sebanyak 131.817 jiwa sudah didaftarkan menjadi peserta JKN. 

Artinya 95 % penduduk Kota Bukittinggi telah terdaftar menjadi peserta JKN. Target Pemerintah pada tahun 2024, 98 % penduduk telah terdaftar sebagai peserta JKN.

Dari 131.817 jiwa yang telah terdaftar di JKN, 95 % warga dibiayai oleh Pemerintah Kota Bukittinggi untuk fasilitas kelas 3, dengan menganggarkan dana sebesar Rp.9 miliar di APBD TA 2023.

Erwin umar menambahkan, Bukittinggi juga telah memiliki 21 fasilitas kesehatan tingkat pertama dan 5 rumah sakit sebagai fasilitas tingkat lanjut. Media Gathering diikuti belasan wartawan dari media cetak, online dan elektronik. (Dina)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza