Era Digital Sistem Pemerintahan Bakal Andalkan Big Data - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Era Digital Sistem Pemerintahan Bakal Andalkan Big Data


    Tanamonews.comKementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bersama PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Mengadakan Pelatihan Eksekutif Big Data Analytics untuk Eselon I dan II Kemensetneg.

    Data besar adalah kunci masa depan dan dapat diterapkan pada apa aja, termasuk urusan birokrasi pemerintahan.

    Acara yang digelar di Menara Landmark Telkom, Kamis (23/1) ini dihadiri oleh dua puluh tujuh pejabat dengan tujuan untuk memberikan wawasan tentang Big Data dan bagaimana Kemensetneg dapat mengaplikasikannya di waktu mendatang.

    “Mudah-coba teman-teman sekalian bisa mendapatkan data besar dan nanti akan relevan dengan tugas-tugas bapak/ibu semua” ucap Gogor Oko Nurharyoko selaku Staf Ahli Bidang Politik, Pertahanan dan Keamanan, diharapkan dari setneg.go. Indo

    Pelatihan dimulai dengan pengisian pra-tes oleh para peserta sebelum memulai pemaparan materi. Pre-test yang dijalankan cukup mudah karena hanya menggunakan smartphone.

    Selanjutnya pemaparan materi tentang Big Data di Era Revolusi Industri Digital yang disampaikan oleh Komang Budi Aryasa selaku Deputi Big Data dan Penelitian Telkom Indonesia.

    Untuk dapat menguasai big data, maka yang pertama dikuasai adalah protokol big data. Mengenai hal tersebut, orang yang memahaminya adalah ilmuwan data. Ilmuwan data berbeda dengan manajemen data atau rekayasa data.

    Seorang ilmuwan data harus memiliki kemampuan visualisasi, yaitu cara menampilkan laporan dan cara menampilkan hasil analisis datanya, agar pembaca datanya dapat langsung mengakses apa yang disponsori oleh sang ilmuwan data.

    Selanjutnya ia mengambil keputusan menggunakan pembelajaran mesin, agar meminimalisir eror manusia dan dapat menimbulkan sentimen data. Keputusan yang diambil pun harus fokus pada target atau dampak yang akan ditimbulkan.

    Grup Koordinator Anggota Fakultas Universitas Korporat Telkom, Oki Wiranto menyampaikan, acara ini diharapkan dapat memberikan kesadaran mengenai data, terkait dengan ilmu data, sepenting apa, dan bagaimana dapat digunakan baik dari aspek bisnis, teknologi maupun hubungan. (*)

    Tidak ada komentar

    Selamat datang di Portal Berita www.tanamonews.com : Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner, Pendiri dan Direksi : Indra Afriadi dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza