PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Era Digital Sistem Pemerintahan Bakal Andalkan Big Data


Tanamonews.comKementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) bersama PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Mengadakan Pelatihan Eksekutif Big Data Analytics untuk Eselon I dan II Kemensetneg.

Data besar adalah kunci masa depan dan dapat diterapkan pada apa aja, termasuk urusan birokrasi pemerintahan.

Acara yang digelar di Menara Landmark Telkom, Kamis (23/1) ini dihadiri oleh dua puluh tujuh pejabat dengan tujuan untuk memberikan wawasan tentang Big Data dan bagaimana Kemensetneg dapat mengaplikasikannya di waktu mendatang.

“Mudah-coba teman-teman sekalian bisa mendapatkan data besar dan nanti akan relevan dengan tugas-tugas bapak/ibu semua” ucap Gogor Oko Nurharyoko selaku Staf Ahli Bidang Politik, Pertahanan dan Keamanan, diharapkan dari setneg.go. Indo

Pelatihan dimulai dengan pengisian pra-tes oleh para peserta sebelum memulai pemaparan materi. Pre-test yang dijalankan cukup mudah karena hanya menggunakan smartphone.

Selanjutnya pemaparan materi tentang Big Data di Era Revolusi Industri Digital yang disampaikan oleh Komang Budi Aryasa selaku Deputi Big Data dan Penelitian Telkom Indonesia.

Untuk dapat menguasai big data, maka yang pertama dikuasai adalah protokol big data. Mengenai hal tersebut, orang yang memahaminya adalah ilmuwan data. Ilmuwan data berbeda dengan manajemen data atau rekayasa data.

Seorang ilmuwan data harus memiliki kemampuan visualisasi, yaitu cara menampilkan laporan dan cara menampilkan hasil analisis datanya, agar pembaca datanya dapat langsung mengakses apa yang disponsori oleh sang ilmuwan data.

Selanjutnya ia mengambil keputusan menggunakan pembelajaran mesin, agar meminimalisir eror manusia dan dapat menimbulkan sentimen data. Keputusan yang diambil pun harus fokus pada target atau dampak yang akan ditimbulkan.

Grup Koordinator Anggota Fakultas Universitas Korporat Telkom, Oki Wiranto menyampaikan, acara ini diharapkan dapat memberikan kesadaran mengenai data, terkait dengan ilmu data, sepenting apa, dan bagaimana dapat digunakan baik dari aspek bisnis, teknologi maupun hubungan. (*)

Posting Komentar

0 Komentar

.com/media/




Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza