PIMRED : ROBBY OCTORA ROMANZA (WARTAWAN UTAMA)

6/recent/ticker-posts
"SEBAR LUASKAN INFORMASI KEGIATAN DAN PROMOSI USAHA ANDA DISINI"

Antisipasi Covid-19, Pemprov Sumbar Produksi Massal Hand Sanitizer di LL DIKTI Wilayah X

Padang - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mulai memproduksi secara massal hand sanitizer di Laboratorium Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah X untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).
.

Tanamonews | “Ada keterbatasan bahan baku. Tapi kita sudah produksi puluhan liter. Mudah-mudahan Senin bisa dibagikan gratis pada masyarakat,”kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dihubungi media. Padang, Jumat, (20/3/2020)
.
Menurutnya bahan baku yang didapatkan dari salah satu distributor di Padang yaitu PT. Novalindo Jaya Utama sebanyak pilihan liter telah didistribusikan ke laboratorium LL DIKTI untuk diracik.
.
Agar hasilnya maksimal, hand sanitizer itu harus diendapkan 3 hari sebelum bisa digunakan oleh masyarakat.
.
Nasrul menyebut hand sanitizer menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Namun, keberadaannya di pasaran sudah sangat langka.
.
Beberapa jenis hand sanitizer yang dijual pedagang, termasuk di media sosial ada yang tidak jelas produsen apalagi standarisasinya. Harganya juga saat mahal mencapai Rp270 ribu per botol.
.
"Hand sanitizer yang diracik di laboratorium LL DIKTI wilayah X ini sudah standar WHO jadi aman digunakan," katanya.
.
Untuk proses pembuatan pihak laboratorium LL DIKTI tidak membutuhkan waktu lama karena fasilitas laboratorium dan tenaga ahli sudah ada. Tinggal menyediakan bahan baku saja.
.
“Hand sanitizer ini kita upayakan bisa terus diproduksi, dikemas dalam botol spray kecil dan dibagikan gratis pada masyarakat," ujarnya.
.
Ia berharap seluruh lembaga yang memiliki laboratorium analisis, untuk dapat memproduksi hand sanitizer setidaknya untuk kebutuhan internal.
.
Analis laboratorium LL DIKTI Wilayah X, Irna Humaira menyebut hand sanitizer yang dihasilkan ditambah dengan ekstrak minyak atsiri jeruk untuk menyamarkan bau alkohol.
.
Menurutnya formula tersebut bisa dibagikan kepada siapa yang membutuhkan sehingga bisa meracik sendiri.
.
Irna menambahkan, LL DIKTI wilayah X membuka ruang untuk lembaga atau instansi lain jika ingin memproduksi hand sanitizer. Tetapi sesuai dengan prosedur yang ada, harus mengajukan surat permohonan terlebih dahulu. (1n*)

Posting Komentar

0 Komentar





Selamat datang di Portal Berita, Media Online : www.tanamonews.com, atas nama Redaksi mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner and Founding : Indra Afriadi Sikumbang, S.H. Tanamo Sutan Sati dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza