Antisipasi Covid-19, Pemprov Sumbar Produksi Massal Hand Sanitizer di LL DIKTI Wilayah X - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Antisipasi Covid-19, Pemprov Sumbar Produksi Massal Hand Sanitizer di LL DIKTI Wilayah X

    Padang - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat mulai memproduksi secara massal hand sanitizer di Laboratorium Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LL DIKTI) Wilayah X untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19).
    .

    Tanamonews | “Ada keterbatasan bahan baku. Tapi kita sudah produksi puluhan liter. Mudah-mudahan Senin bisa dibagikan gratis pada masyarakat,”kata Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit dihubungi media. Padang, Jumat, (20/3/2020)
    .
    Menurutnya bahan baku yang didapatkan dari salah satu distributor di Padang yaitu PT. Novalindo Jaya Utama sebanyak pilihan liter telah didistribusikan ke laboratorium LL DIKTI untuk diracik.
    .
    Agar hasilnya maksimal, hand sanitizer itu harus diendapkan 3 hari sebelum bisa digunakan oleh masyarakat.
    .
    Nasrul menyebut hand sanitizer menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona. Namun, keberadaannya di pasaran sudah sangat langka.
    .
    Beberapa jenis hand sanitizer yang dijual pedagang, termasuk di media sosial ada yang tidak jelas produsen apalagi standarisasinya. Harganya juga saat mahal mencapai Rp270 ribu per botol.
    .
    "Hand sanitizer yang diracik di laboratorium LL DIKTI wilayah X ini sudah standar WHO jadi aman digunakan," katanya.
    .
    Untuk proses pembuatan pihak laboratorium LL DIKTI tidak membutuhkan waktu lama karena fasilitas laboratorium dan tenaga ahli sudah ada. Tinggal menyediakan bahan baku saja.
    .
    “Hand sanitizer ini kita upayakan bisa terus diproduksi, dikemas dalam botol spray kecil dan dibagikan gratis pada masyarakat," ujarnya.
    .
    Ia berharap seluruh lembaga yang memiliki laboratorium analisis, untuk dapat memproduksi hand sanitizer setidaknya untuk kebutuhan internal.
    .
    Analis laboratorium LL DIKTI Wilayah X, Irna Humaira menyebut hand sanitizer yang dihasilkan ditambah dengan ekstrak minyak atsiri jeruk untuk menyamarkan bau alkohol.
    .
    Menurutnya formula tersebut bisa dibagikan kepada siapa yang membutuhkan sehingga bisa meracik sendiri.
    .
    Irna menambahkan, LL DIKTI wilayah X membuka ruang untuk lembaga atau instansi lain jika ingin memproduksi hand sanitizer. Tetapi sesuai dengan prosedur yang ada, harus mengajukan surat permohonan terlebih dahulu. (1n*)

    Tidak ada komentar

    Selamat datang di Portal Berita www.tanamonews.com : Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner, Pendiri dan Direksi : Indra Afriadi dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza