Tekat Hendra Saputra SH, M.Si Calon Bupati Solok Memajukan Pertanian - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Tekat Hendra Saputra SH, M.Si Calon Bupati Solok Memajukan Pertanian

    Solok (Sumbar) - Maju mundurnya Sebuah daerah bila pemimpin mampu menyeimbangkan, menyelaraskan dan mengoptimalkan semua sector penting yang dimilikinya, sehingga dapat menunjang tatanan perekonomian daerah itu sendiri.


    Tanamonews.com | Pemimpin daerah harus dapat mengali potensi daerahnya dan sudah banyak daerah yang mampu mendongkrak perekonomiannya dengan mengoptimalkan dan menyelaraskan semua sektor potensi daerahnya.

    Terutama kota solok yang terkenal dengan pertaniaan yang dimilikinya, yaitu "beras solok", maka seorang pemimpin daerah dituntut untuk bisa mendongkrak perekonomiannya dengan mengoptimalkan dan menyelaraskan semua sektor potensi daerahnya, dikatakan Hendra Saputra SH, M.Si, Minggu (24/11/19).

    Lanjut katanya, setiap daerah memiliki sumber daya beragam, sektor yang dianggap strategis tentu berbeda antara daerah yang satu dengan lainnya. Daerah yang memiliki lahan nan cukup luas dengan iklim yang mendukung akan memudahkan sektor pertanian menjadi sektor strategis.

    “Dengan memfokuskan sektor pertanian ditiap nagari secara lebih intens, akan mendongkrak perekonomian daerah, negara secara keseluruhan”, ujar Hendra.

    Peningkatan ekonomi bidang pertanian, identik dengan transformasi struktural. Yakni perekonomian yang bertumpu pada kegiatan pertanian menuju industri modern. Sehingga menciptakan sumber tenaga kerja dan bahan pangan yang murah.

    “Pemerintah Daerah meski mendahulukan kemudahan bagi masyarakat petani atau dijadikan skala “Prioritas”, yang selanjutnya di imbangi dengan kebutuhan investor”, sebutnya.

    Karena pertanian merupakan suatu proses untuk menghasilkan bahan pangan, serta produk agroindustri dengan cara memanfaatkan sumber daya alam “Tumbuhan dan sumber daya hewan”. Bila pemanfaatan kedua sumber daya ini, dikerjakan dengan baik dan profesional. Maka output yang dihasilkannya, berkualitas baik. Papar Birokrat Muda Rang Paninggahan ini.

    Kondisi pertanian yang ada di negeri kita Kabupaten Solok sekarang ini. Tentulah akan sangat banyak metode sederhana yang dapat dilaksanakan sesegera mungkin, Hendra Saputra SH, M.Si bersama Buya Mahyuzil Rahmat, S.Ag saat mengunjungi lahan pertanian milik masyarakat, salah satu nagari di Kabupaten Solok.

    Lebih lanjut, Hendra, penyebab melemahnya kinerja pertanian di sebuah nagari adalah karena kurangnya perhatian kita, dan belum maksimalnya pemanfaatan luas lahan pertanian yang dimiliki, padahal area pertaniannya cukup luas. Jangan sampai ada sebuah nagari mengalami kesenjangan mencolok atau jauh tertinggal dibandingkan dengan nagari lainnya di Kabupaten Solok ini, terang Hendra.

    Struktur usaha tani dan pola kepemilikan lahan meski disesuaikan dengan kebutuhan. Dengan penyesuaian tersebut, tentunya peningkatan produksi akan bahan pangan dan kemajuan ekonomi bidang pertanian, meningkat, “Bila sebuah nagari/desa, pembangunan infrastruktur atau aksesnya belum tersedia, tentunya sebagian lahan pertanian menjadi tidak produktif/terbengkelai atau tidak bisa digarap, kata Hendra.

    Pertumbuhan sektor pertanian di pedesaan akan berhasil, jika usaha antara pemerintah dengan petani, terjalin intens. Petani kecil yang ingin memberdayakan lahannya, harus diberikan akses dan kemudahan untuk menggarap lahannya,  tukasnya.

    No comments

    Selamat datang di Website www.tanamonews.com, Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner dan Pendiri : Indra Afriadi.