Indonesia Dan Filipina Dialog Riset Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Dan Kesehatan - Tanamonews.com
  • Breaking News

    Indonesia Dan Filipina Dialog Riset Dampak Covid-19 Terhadap Pendidikan Dan Kesehatan

    Filpina | Penelitian hakikatnya merupakan kegiatan ilmiah untuk memperoleh pengetahuan yang benar tentang suatu masalah. Fakta-fakta, konsep, generalisasi, dan teori yang didapat memungkinkan manusia memahami fenomena dan memecahkan masalah yang dihadapi.

    Tanamonews | Covid-19 adalah fakta yang menjadi masalah bersama, yang membawa dampak dalam segala bidang kehidupan; Ekonomi, pendidikan, kesehatan dan sebagainya.

    Webinar yang diselenggarakan oleh Kantor Atdikbud KBRI Manila (20/10/2020) mengangkat beberapa hasil penelitian dari peneliti universitas di Indonesia, yang didialogkan bersama dengan peneliti  Filipina. Tujuan dari Webinar ini adalah untuk mencari titik temu permasalahn dan juga  mengkomunikasikan cara mengatasi permasalahn yang diakibatkan oleh Covid-19.

    Sebagai pembicara kunci Dr. Lili Nurlaili M.Ed mengangkat hasil penelitian di Singapura yang menyatakan bahwa 87 % bangsal di rumah sakit dan 60 % toilet di Singapura  terpapar Virus RNA. Beliau juga menyarankan agar mencoba menggunakan herbal, untuk menjaga dan meningkatkan imunitas.

    Pembicara selanjutnya adalah Dr. Sri Wahyuni (Univ. Jember) yang menyoroti penggunaan Edmodo dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation) dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan cara berpikir kritis siswa secara signifikan, terutama pada pembelajaran sains.

    Prof. Malaya Abadilla Ygot dari Politeknik Univ. of Philippines mengangkat penelitian kualitatifnya tentang ODHA (Orang Dengan HIV-AIDs) yang sangat rentan dalam masa pandemic ini. Dalam protokol kesehatan yang sangat ketat ini, bagaimana mereka bisa mengakses perawatan sehari-hari, menghadapi stigma dan diskriminasi, mengases kelompok pendukung, dan kecemasan masa depan.

    Selanjutnya Evirinata, S.St, M.Keb (Univ. Muhammadiyah Sidoarjo) mengangkat kasus Perhatian Pra Kelahairan pada Klinik Bersalin. Kasus ini diangkat karena adanya Ibu Hamil yang menderita Corona tanpa gejala, serta banyaknya tenaga medis yang terpapar korona.

    Dua pembicara selanjutnya Dr. Muhammad Suryawinata, M.Pd (Uni. Muhammadiyah Sidoarjo) dan Dr. Wirawan Fadly, M.Pd (IAIN Ponorogo) mengangkat Tema Pendidikan dalam masa pandemic dan menumbuhkan cara berpikir kritis.

    Acara diakhir dengan tanya jawab dari peserta webinar. Rilis ini dikirim oleh Nanang dari KJRI Filipina via WhatsApp ke redaksi tanamonews.com. (Indra).

    Tidak ada komentar

    Selamat datang di Portal Berita www.tanamonews.com : Legalitas perusahaan media SIUP. No. SK 0075/03.07/MK/SIUP/V/2017-TDP. No. : 03.07.3.58.05437-IG. No. SK : 1078/IG-NI/DPMPTSP/V/2017 - NPWP. Badan : S-4488KT/WPJ.27/KP.0403/2017 - Diskominfo : 555.166/Diskominfo/IV-2017-Surat Domisili : 470/44/APK-IV/2017. Bank Nagari : 2100.0210.45535-821039217 dan BRI : 5466-01-017035-53-8 a/n Pt. Tanamo Media Inter Pers, atas nama segenap redaksi dan Pimpinan Pt. Tanamo Media Inter Pers, mengucapkan Terima kasih telah berkunjung.. tertanda: Owner, Pendiri dan Direksi : Indra Afriadi dan Pemimpin Redaksi : Robby Octora Romanza