Ticker

6/recent/ticker-posts

Wagub Sumbar Audy Joinaldy Tinjau Vaksinasi Ibu Hamil di RSUP dr. M. Djamil Padang

TANAMONEWS - PADANG, SUMBAR | Segala upaya dilakukan Pemerintah Sumatera Barat (Sumbar) untuk pencegahan Covid-19 dengan melakukan vaksinasi massal. Mulai dari tenaga kesehatan (nakes), pemberi layanan publik, lanjut usia (lansia), hingga mahasiswa dan pelajar. Kini giliran ibu hamil (Bumil). 

Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy menyambut baik kegiatan pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil di RSUP dr. M. Djamil Padang sudah dimulai, Kamis (19/08/2021). Serentak dengan pencanangan vaksinasi bagi ibu hamil di seluruh Indonesia.

Vaksinasi tahap pertama ini, Wagub Sumbar beserta Ketua TP PKK Sumbar Hj. Harneli Bahar langsung memantau jalannya vaksinasi.

"Alhamdulillah, antusiasme ibu hamil kota Padang langsung serbu untuk di vaksin, bahkan sebelum peresmian saja sudah banyak yang daftarkan diri, jumlahnyahampir ribuan," kata Audy.

Audy menjelaskan sesuai Surat Edaran Kemenkes Nomor HK.02.01/I/2007/2021 tentang Vaksinasi Covid-19 bagi Ibu Hamil dan Penyesuaian Skrining dalam Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19. Ia berharap bisa menuntaskan vaksinasi Covid-19 khusus ibu hamil.

"Melihat antusiasnya, kita yakin vaksinasi Covid-19 bagi para bumil ini bisa tercapai. Saat ini kita berikan vaksinansi bagi Bumil usia kandungannya diatas 12 minggu sampai sekitar 33 minggu," jelasnya.

Selain itu, Audy juga menyampaikan, pihaknya masif menyasar dan gencar memberikan vaksin, selain kelompok masyarakat umum, termasuk untuk Bumil. 

"Setelah keluarnya Permenkes yang memperbolehkan Bumil untuk divaksin, kami langsung gerak cepat memberikan vaksin pada Bumil. Vaksin Covid-19 aman bagi wanita hamil dan menyusui," sebutnya. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Sumbar Hj. Harneli Bahar mengatakan, program vaksinasi ibu hamil, bisa menjawab kekhawatiran seluruh ibu hamil di Sumbar di tengah pandemi Covid-19.

"Hari ini kita prioritas untuk Bumil, sebagai bentuk penghargaan kepada semua ibu hamil yang melahirkan generasi penerus bangsa," tambah Harneli. (*)

Posting Komentar

0 Komentar

"PITUAH PITARUAH DARI YUS DATUAK PARPATIAH, ADAT ISTIADAT MINANGKABAU"



Welcome to Thank's